Sukses

Sebut Kawah Bromo Jadi Kawah Ijen, Selebgram Ini Banjir Teguran Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang destinasi menawan di Jawa Timur, tak lengkap rasanya jika tak memasukkan nama Bromo dan Ijen. Keduanya sangat ikonis dan tak jarang membuat pelancong rela berkunjung, lagi dan lagi.

Sementara Gunung Bromo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang penyebarannya masuk dalam empat wilayah administratif, yakni Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo, Ijen adalah salah satu ikon tujuan wisata di Banyuwangi.

Mungkin saking populer keduanya, salah seorang selebgram bernama Ari Irham salah menyangka mereka berada di satu lokasi. Lewat unggahan di Instagram Story di akunnya, @arirhams, perempuan berhijab itu memperlihatkan perjalanan hingga sampai di puncak Bromo.

Setelah berkendara dan pindah naik jeep, ia juga sang putri terlihat naik kuda untuk sampai di atas gunung. Ketika hendak meniti anak tangga menuju puncak Bromo, kekeliruan informasi dari Ari kemudian mencuri perhatian warganet.

"Untuk naik ke Kawah Ijen, kita harus menaiki 250 anak tangga," tulisnya sebagai keterangan video Instagram Story. Salah anggapan ini makin jelas ketika Ari sampai di puncak yang memperlihatkan Kawah Bromo.

Pasalnya, foto diunggah yang merupakan ekspektasi Ari sebenarnya Ijen, bukan Bromo. Ia bahkan menyebut kecewa melihat kawah Bromo yang kering, berbatu, dan berasap, lantaran menyangka akan disajikan kawah biru ala puncak Ijen.

"Hasil gue googling itu seindah di pict ini. Gue masih lebih demen kawah Tangkuban Perahu kayaknya (dari kawah Bromo) karena nggak perlu naik kuda dan 250 anak tangga," tulisnya sembari memamerkan gambar ekspektasi yang ternyata salah.

2 dari 3 halaman

Kena Tegur Warganet

Beberapa saat setelah video dan foto tersebut diunggah, sang selebgram kena tegur warganet, Lewat direct message (DM), penghuni dunia maya berbondong-bondong memberitahu kekeliruan yang dilakukan Ari.

Mereka menjelaskan bahwa benar foto yang diunggah Ari adalah pemandangan di Ijen, sementara perempuan berhijab tersebut pergi ke Bromo. Otomatis, lanskap panorama yang didapat tak sama.

Ari menjelaskan dengan menyertakan screenshot hasil pencarian di Google dengan kata kunci 'Kawah Ijen Bromo'. "Mohon maaf pemirsa, kayaknya ada yang salah dengan live report kali ini. Entah salah narsum atau Ijah yang budek," tulis Ari.

Tahu bahwa dirinya salah tempat, Ari mengatakan malah tertarik pergi ke Banyuwangi setelah membaca pesan dari warga dunia maya. Dua di antaranya yang di-sceenshot menjelaskan keindahan dan apa saja yang bisa dilihat jika bertandang ke Ijen.

Terlepas dari kesalahan ekspektasi tersebut, Ari mengaku pergi ke Bromo adalah momen paling berkesan pada kunjungan ke Malang di momen libur Lebaran tahun ini.

"Bawa dua ninik (nenek), lima anak piyik (kecil), dan satu bayi hahaha kebayang nggak hebohnya. Banyak banget tragedinya, mulai dari naik kuda, naik turun kawah, sampai selama perjalanan off road naik Jeep," tulisnya di keterangan foto pada unggahan Rabu (12/6/2019).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Baru Berusia 21 Tahun, Perempuan Ini Sudah Mengunjungi Semua Negara di Dunia
Artikel Selanjutnya
Gandeng Traveloka, Pengunjung Jatim Park Bebas Antre Saat Libur Lebaran