Sukses

6 Manfaat Ginko Biloba, Meningkatkan Kinerja Otak sampai Bikin Awet Muda

Ginko biloba memiliki banyak manfaat untuk tubuh serta kecantikan kulit dan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Ginko biloba ialah merupakan pohon asal Tiongkok yang disebut sebagai satu spesies yang sudah sangat tua. Pohon ini juga disebut sebagai pohon rambut gadis. Tiongkok kuno menggunakan ramuan ginko sebagai sumber makanan.

Ekstrak dari daun ginko biloba banyak digunakan karena baik untuk otak seperti Alzheimer dan kehilangan memori. Hal tersbeut membuat obat herbal ini populer di banyak negara. Berikut enam manfaat mengejutkan dari ginko biloba dilansir dari Style Craze, Jumat, 31 Mei 2019.

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Ginko biloba dapat melawan penyakit Alzheimer, kehilangan memori, dan masalah saraf lainnya. Bahkan bila dikonsumsi bersama dengan obat antipsikotik, ginko dapat membantu pengobatan skizofrenia dan gangguan mental lainnya.

Dengan mengonsumsi ginko, dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Namun, penggunaannya harus dengan dosis yang tepat.

2. Melawan Kecemasan dan Depresi

Kandungan yang terdapat di dalam ginko biloba dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangani stres. Cara kerjanya ialah menangkal efek dari produksi hormon stres yang tidak terkendali. Misalnya, adrenalin dan kortisol.

Ginko biloba juga dapat mengatasi gangguan eksternal secara alami. Mengonsumsi herbal ini dapat membantu pengobatan depresi musiman, Gangguan Kecemasan Umum (GAD), fobia sosial, dan serangan panik.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ginko biloba dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan oksigen dan membersihkan darah. Dengan begitu dapat mencegah penebalan darah dan kemungkinan pembekuan darah. Selain itu, ginko biloba dapat membantu untuk mengatur alirah darah ke berbagai organ.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mengobati Gangguan Pernapasan

Anda dapat mengobati bronkitis dan asma dnegan mengonsumsi ekstrak ginko biloba. Sifat anti-inflamasi yang terkandung sangat efektif menyembuhkan peradangan pada sistem pernapasan.

Cara kerja ginko biloba ialah dengan meningkatkan aktivitas antioksidan di trakea dan paru-paru. Anda dapat terlindungi dari polusi dan asap rokok dengan mengonsumsi ginko biloba.

5. Memperlambat Penuaan

Kerutan, garis halus, dan kulit kendur dapat diminimalisir dengan mengonsumsi ginko biloba. Tanaman ini kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab keriput.

Ginko biloba bisa menangkal stres yang menjadi penyebab utama penuaan kulit. Anda bisa membuat masker dengan campuran satu sendok pasta ginko biloba, setengah sendok bubuk kunyit, satu sendok madu, dan satu sendok jus gingseng.

6. Membuat Rambut Sehat

Ekstrak ginko biloba sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Anda bisa mencampurkan ekstrak ginko biloba dengan minyak kelapa, minyak biji anggur, atau minyak jojoba.

Kandungan di dalam tanaman ini dapat mengurangi penipisan rambut. Bagi Anda yang punya masalah dengan kebotakan maupun rambut tipis, cobalah rutin mengonsumsi ginko biloba. (Fairuz Fildzah)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.