Sukses

6 Festival Seru di Banyuwangi untuk Isi Liburan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Bila Anda sedang merencanakan liburan, akan lebih menyenangkan bila tempat yang dikunjungi sangat berkesan. Tak hanya sekedar menyegarkan pikiran, namun mencari tempat liburan yang seru merupakan keharusan. Salah satunya ialah datang ke festival yang ada di kota tersebut.

Kabupaten Banyuwangi memiliki banyak festival seru dan menyenangkan yang bisa Anda nikmati bersama teman maupun keluarga. Kabupaten di Jawa Timur ini memiliki kekayaan budaya dan bentang alam yang sangat indah. Kota ini terkenal dengan gunung, perkebunan kopi, serta budayanya.

Berikut 6 Festival di Banyuwangi yang dapat Anda rencanakan perjalanannya dari sekarang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Barong Ider Bumi (5 Juni)

Festival ini merupakan tradisi yang diyakini Suku Osing atau masyarakat asli Banyuwangi. Barong Ider Bumi dipercaya sebagai bagian dari penyucian diri, pengusir bahaya, dan permohonan kesuburan. Festival ini akan digelar di Desa Kemiren, Glagah, Banyuwangi pada 5 Juni 2019.

Masyarakat akan menggiring barong keliling desa diiringi penari, penggiring, maupun masyarakat. Tradisi ini akan diakhiri dengan menikmati sajian kuliner pecel pitik. Barong Ider Bumi selalu ditunggu-tunggu oleh wisatawan yang memanfaatkan libur lebaran.

2. Banyuwangi Bamboo Festival (14-15 Juni)

Festival ini salah satu yang ditunggu-tunggu masyarakat. Diangkat dari tradisi masyarakat Desa Gintangan, Blimbangan, Banyuwangi. Desa ini merupakan desa penghasil kerajinan bambu. Bahkan kerajinan bambu dari desa ini diekspor ke luar negeri seperi Maladewa, Jepang, dan Thailand.

Di festival ini, akan dipamerkan kostum-kostum spektakuler yang terbuat dari anyaman bambu. Kostum tersebut banyak terinspirasi dari kebudayaan di Indonesia seperti barong dan garuda. Pengrajin dari Desa Gintangan sendiri yang membuat kostum tersebut. Selain parade kostum, terdapat tarian khas dan atraksi lainnya.

3. Gombengsari Plantation Run (23 Juni)

Bagi Anda yang suka mengikuti ajang lari, Gombengsari Plantation Run di Banyuwangi patut Anda ikuti. Ajang lari ini akan mengajak pelari menikmati perkebunan kopi di Desa Gombengsari, Kalipuro, Banyuwangi. Desa ini memiliki sentra perkebunan kopi rakyat seluas 850 hektar.

Wilayah Desa Gombengsari sangat sejuk karena berada di kaki Gunung Ijen. Pelari akan melewati rute dengan kontur tanah berbukit dengan ketinggian 400-500 meter di atas permukaan laut. Rute yang ditempuh sekitar 10-12 kilometer. Sambil berlari, peserta lomba juga bisa melihat proses pengolahan kopi berkualitas di desa ini.

4. Blue Fire Ijen Cycling (13 Juni)

Bagi Anda yang menyukai olahraga bersepeda, Blue Fire Ijen Cycling ini wajib dicoba. Anda akan diajak bersepeda dari tengah kota hingga ke kaki Gunung Ijen. Festival ini banyak diikuti oleh wisatawan lokal dan asing.

Meskipun ajang sepeda ini merupakan perlombaan, namun dibuat menyenangkan bagi penggemar sepeda non atlet. Anda akan mencicipi rute terjal menuju kaki Gunung Ijen seperti atlet yang bertanding. Di sana terdapat tanjakan Ijen yang terkenal sebagai tanjakan terberat di Asia. Berani coba?

5. Festival Lalalare Orchestra (13 Juli)

Bagi pecinta festival musik, kelompok musik Lalare Orchestra akan menampilkan penampilan yang memadukan musik tradisional dan modern. Orkestra ini memainkan beragam alat musik tradisional. Anda akan dibuat terpukau oleh permainan alat musik seperti angklung, rebana, dan gendang.

Tak lupa, merdunya nyanyian sinden serta penari yang berlenggang lenggok di atas panggung. Anda akan dibuat tak percaya karena semua pemain adalah anak remaja SD dan SMP. Tak hanya menampilkan lagu daerah, Lalare Oschestra juga menampilkan genre lain seperti dangdut, pop, jazz, serta hiphop dalam balutan musik etnik.

6. Festival Memengan (23 Juli)

Dalam festival ini, Anda akan diajak bernostalgia permainan tradisional. Akan ada beragam permainan seperti egrang, gasing, engklek, congklak, gobag sodor, dan tarik tambang. Festival ini bertujuan untuk mengajak anak-anak zaman sekarang mengenal permainan zaman dahulu. Sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga tercinta. (Fairuz Fildzah)

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Kurangi Kepadatan Lalin, Banyuwangi Gelar Mudik Gratis
Artikel Selanjutnya
Jelang Lebaran, Dinas Pertanian Banyuwangi Pastikan Stok Daging Aman