Sukses

Berkunjung ke Museum Peringatan Penyerahan Macau ke China

Saat jalan-jalan ke Macau, Anda dapat mengunjungi museum penyerahan Macau ke China, seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Macau memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi selain Museu de Macau atau Museum Macau, yaitu Handover Gifts Museum of Macau. Isinya memajang 56 hadiah yang diberikan untuk Macau dari berbagai negara bagian Republik Rakyat China.

Saat Liputan6.com berkunjung ke tempat ini beberapa waktu lalu, wisatawan domestik dan mancanegara tampak antusias.

Terletak di sebelah Macao Museum of Art in Avenida Xian Xing Hai (N.A.P.E.), lokasi museum ini merupakan tempat yang sama ketika digunakan pada acara seremoni bersejarah penyerahan kembalinya Macao kepada China pada tanggal 20 December 1999.

Untuk merayakan terbentuknya Macao Special Administrative Region, tempat seremoni ini kemudian dijadikan sebagai bagian dari Macau Cultural Centre. Museum ini dibangun untuk memperingati momen yang sangat penting dalam sejarah modern Macao yakni kembalinya Macao ke China. Konstruksi museum berlangsung dari Maret 2003 hingga October 2004.

Museum yang terdiri dari tiga lantai ini dibuka tepat pada perayaan ulang tahun ke-5 kembalinya Macau ke China. Lantai pertama merupakan area pintu masuk dan lobi dan juga terdapat kantor administrasi pengelola museum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantai Dua Museum

Lantai kedua museum adalah tempat dipajangnya 56 hadiah yang diberikan untuk Macau dari berbagai negara bagian Republik Rakyat China.

Mulai dari provinsi, kota, kelompok etnis, daerah otonomi khusus termasuk Hong Kong Special Administrative Region untuk merayakan kembalinya Macau ke China dari Portugis.

Sementara itu, lantai ketiga merupakan auditorium yang difungsikan untuk mengadakan berbagai acara atau pergelaran budaya dan sejarah.

Ke depan, museum ini tak hanya akan menjadi tempat pameran hadiah, tapi juga menjadi sarana untuk mengadakan berbagai pertunjukan dan pergelaran untuk memperkenalkan pengembangan kebudayaan lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.