Sukses

8 Wisata Kuliner Bandung yang Recomended, Bikin Kangen

Di Bandung kurang pas kalau tidak menikmati kuliner khasnya.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang terbesit pertama kali saat kamu mendengar Bandung? Pastinya sebuah kota dengan beragam kuliner dan tempat wisatanya. Dalam dua dekade terakhir, Bandung telah berkembang menjadi kota pelesir dengan berbagai objek wisata

Kota dengan sebutan Paris Van Java ini memang menarik, karena memiliki banyak destinasi yang siap memanjakan mata. Selain itu, Bandung juga dikenal sebagai kota yang romantis.

Di Bandung bukan cuma wisata alam saja yang bisa kamu kunjungi.  Selain wisata alam yang mempesona, kamu harus wajib mencicipi kuliner Bandung yang aduhai dan banyak ragamnya ini.

Selain dikenal sebagai kota industri kreatif dan kota mode, kuliner bandung juga terkenal enak-enak. Bahkan hingga memiliki tempat tersendiri di hati mereka pecinta kuliner. Sebut saja seblak, cireng, mie yamin, hingga brownies.

Semua makanan dari Bandung ini sukses membius lidah siapapun yang mencicipinya. Bagi kamu ingin berwisata ke Bandung, berikut Liputan6.com rekomendasi wisata kuliner Bandung yang wajib kamu coba dan kamu cicipi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cilok Bapri dan Seblak jebred

1. Cilok Bapri

Wisata kuliner Bandung pertama yang harus kamu cicipi adalah cilok. Cilok sendiri merupakan singkatan dari aci dicolok. Makanan ini biasa dilengkapi dengan bumbu kacang atau kecap serta saus untuk pecinta pedas.

Ada beragam jenis cilok yang bisa kamu coba, mulai dari cilok isi, cilok rujak, cilok bumbu lada hitam, cilok goreng serta banyak variatif cilok lainnya yang wajib kamu coba.

Salah satu cilok yang terkenal adalah cilok Bapri yang sudah banyak tersebar di wilayah Bandung yakni Bandung Utara, Bandung Timur, Bandung selatan dan Kota Cimahi.

2. Seblak jebred

Wisata kuliner Bandung kedua yang harus kamu cicipi adalah seblak. Seblak sendiri merupakan jajanan yang dibuat dari kerupuk mentah dimasak bareng bumbu dan berbagai bahan nikmat lainnya, seperti telur, ceker, dan tentunya cabai.

Apalagi kalau menikmatinya bareng dengan keluarga atau sahabat. Salah satu seblak yang paling banyak dicari dan direkomendasikan adalah seblak jebred.

3 dari 5 halaman

Roti bakar Madtari dan Nasi uduk cinta

3.  Roti bakar Madtari

Wisata kuliner Bandung ketiga yang harus kamu cicipi adalah roti bakar Madtari. Roti Bakar Madtari berada di Jalan Rangga Gading No 12 Bandung. Menu yang ditawarkan seperti roti bakar, aneka olahan pisang, dan Indomie.

Semua dilengkapi dengan keju yang melimpah. Madtari juga menyediakan minuman hangat yang pas buat menghangatkan udara Bandung yang dingin di malam hari.

Di sini juga menyediakan shisha bagi kamu yang menyukai. Tempat ini juga tak pernah sepi pengunjung apalagi para pengunjung muda.

4. Nasi uduk cinta

Wisata kuliner Bandung keempat yang harus kamu cicipi adalah nasi uduk cinta. Tempat ini sangat ramai dikunjungi karena ayam bakar madunya yang terkenal nikmat dipadukan dengan nasi uduknya dan juga pesona dari sambal yang kian menambah cita rasa pada makanan ini. Selain itu kamu juga bisa memesan cumi bakar madu, kol goreng, tahu, tempe dan masih banyak lagi.

4 dari 5 halaman

Nasi bistik astana anyar dan Bubur ayam gibas

5. Nasi bistik astana anyar

Wisata kuliner Bandung kelima yang harus kamu cicipi adalah nasi bistik astana anyar. Nasi bistik di sini merupakan nasi goreng yang diberi topping berupa daging ayam goreng tanpa tulang dengan kentang goreng, wortel, buncis, dan disiram saus BBQ.

Harga satu porsi makanan nasi bistik astana anyar ini berkisar dari 19 ribu rupiah.

6. Bubur ayam gibas

Wisata kuliner Bandung keenam yang harus kamu cicipi adalah bubur ayam gibas.  Bubur ayam gibas merupakan salah satu bubur ayam paling direkomendasikan untuk wisata kuliner Bandung. Bubur ayam ini selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya. Satu porsi bubur ayam dengan beragam topping yang melimpaj ini di jual seharga 14 ribu gingga 20 ribu. Bubur ayam gibas ini beralaman di seberang Rumah Sakit Kebon Jati, tepatnya di Jalan Kebon Jati No 187, Bandung.

5 dari 5 halaman

Lotek kalipah apo dan Nasi Kalong

7. Lotek kalipah apo

Wisata kuliner Bandung ketujuh yang harus kamu cicipi adalah lotek kalipah apo. Katanya, lotek kalipah apo ini merupakan lotek terbaik di kota Bandung.  Dalam satu porsi lotek terdiri dari taoge, bayam, sayur kol, nangka, kacang panjang, tempe dan lontong serta yang paling penting bumbu kacang spesial.

Rasanya yang dijamin enak, manis, gurih serta saus kacang yang kental semakin membuat lidah makin bergoyang untuk mencicipinya.

Lotek kalipah apo ini beralamat di Jalan Kalipah Apo No 42, Bandung serta harga untuk satu porsi lotek berkisar seharga 15 ribu sampai 20 ribu.

8. Nasi Kalong

Wisata kuliner Bandung kedelapan yang harus kamu cicipi adalah nasi kalong. Nasi kalong merupakan makanan yang terbuat dari beras merah yang kemudian dimasak dengan kluwek dan rempah sehingga menghasilkan nasi yang gurih dan enak meskipun dimakan tanpa menggunakan lauk.

Nasi kalong setiap harinya selalu ramai oleh pengunjung, jadi harus sabar ya. Nasi kalong beralamat di Jl. R.E. Martadinata No.102, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini