Sukses

Jenis Kayu yang Cocok untuk Furniture, dari Tampilan Mewah Hingga Minimalis

Banyak jenis kayu yang bisa jadi pilihan untuk furniture rumah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang gemar dengan interior rumah dengan nuansa kayu, pasti kamu ingin mencari furniture yang berasal dari kayu dengan kualitas yang baik. Banyak furniture dari kayu yang banyak dijual. Namun, tidak semua jenis kayu yang cocok untuk dijadikan furniture. Kamu tentu perlu kejelian dalam memilih jenis kayu yang dijadikan furniture agar tahan lama dan berkualitas baik.

Ada banyak sekali jenis kayu yang berasal dari pohon yang tumbuh di Indonesia. Sayangnya hanya beberapa jenis kayu yang memiliki kualitas terbaik yang dapat dijadikan bahan mebel atau furniture. Awalnya para pengerajin furniture menggunakan jenis kayu solid. Akan tetapi ketersediaan kayu solid tidak selalu ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Maka dari itu ada beberapa jenis kayu yang dapat digunakan dan cocok untuk dijadikan furniture. Dilansir Liputan6.com, Kamis (14/3/2019) dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis kayu yang cocok untuk furniture dan bisa jadi pilihanmu untuk mencari mebel yang awet dan berkualitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-jenis kayu yang cocok untuk furniture dengan tampilan mewah

1. Kayu jati

Bagi sebagian besar masyarakat pasti mengakui kualitas dari jenis kayu ini. Kayu jati memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar furniture. Kayu jati bahkan merupakan salah satu jenis kayu premium yang berasal dari Asia Tenggara. Jenis kayu jati sudah banyak diakui oleh banyak negara karena kualitasnya.

Jenis kayu ini memiliki lapisan minyak yang tahan terhadap air dan tampak cerah. Kayu jati juga tahan dalam waktu yang lama serta tidak mudah lapuk dan anti rayap. Warna dari kayu jati sendiri menarik karena warnanya yang cokelat kemerahan. Memiliki tekstur serat yang tebal sehingga tahan dengan benturan. Kayu jati sangat cocok untuk furniture.

2. Kayu mahoni

Jenis kayu yang cocok untuk furniture selain kayu jati adalah kayu mahoni. Kayu mahoni mudah diolah menjadi furniture karena memiliki serat kayu yang halus. Jika masih berbentuk kayu, harga jual kayu mahoni lebih murah ketimbang kayu jati. Namun setelah berbentuk furniture, harganya bisa melambung tinggi.

3. Kayu nyatoh

Jenis kayu nyatoh adalah jenis kayu yang memiliki serat kayu yang indah. Selain itu seratnya juga licin dan memiliki tekstur yang halus. Sekilas karakter kayu nyatoh mirip dengan kayu jati karena berwarna merah kecoklatan. Jenis kayu ini cocok untuk dijadikan furniture karena tahan dari serangan rayap dan serangga lainnya.

3 dari 4 halaman

Pilihan jenis kayu untuk furniture minimalis

4. Kayu pinus

Kayu pinus yang sering kamu jumpai di beberapa tempat juga termasuk dalam jenis kayu yang cocok untuk furniture. Selain di alam ketersediaan kayu pinus ini banyak, harganya pun terbilang lebih murah dari kayu jati dan mahoni. Kayu pinus yang telah dijadikan furniture memiliki kesan yang minimalis.

Yang membuat daya tarik dari kayu pinus ini adalah memiliki warna kayu yang cerah dan halus. Teksturnya yang lunak membuatnya mudah untuk dijadikan furniture.

5. Kayu cedar

Kayu cedar basanya banyak digunakan untuk pembuatan lemari pakaian. Kayu cedar tumbuh dikawasan Mediterania atau Himalaya. Karakteristik jenis kayu cedar ini, ia tahan terhadap cuaca apapun, tidak mudah lapuk, tahan rayap, memiliki aroma segar dan memiliki kelembaban yang baik.

6. Kayu sungkai

Kayu sungkai adalah jenis kayu yang bisa jadi pilihanmu jika kayu jati memiliki harga yang dibanderol cukup mahal. Kayu sungkai sangat cocok sebagai furniture untuk interior rumahmu. Jenis kayu ini memiliki warna yang terang seperti putih dengan kuning pucat. Kayu sungkai juga memiliki bobot yang ringan.

4 dari 4 halaman

Jenis kayu yang tahan lama

7. Kayu ramin

Jenis kayu ini banyak ditemukan di daerah Sumatra dan Kalimantan. Kayu ramin memiliki warna yang kuning dengan tekstur seratnya yang halus. Jenis kayu yang bisa tumbuh hingga 45 meter ini banyak digemari karena memiliki permukaan kayu yang licin dan mengkilap. Harga dari kayu ramin lebih murah ketimbang dari kayu jati.

8. Kayu oak

Jika kamu menginnginkan furniture yang tahan lama, jenis kayu oak bisa jadi pilihanmu. Memiliki karakteristik kayu yang kreas, kuat dan tahan lama banyak masyarakat yang mengincarnya. Kayu oak memiliki garis-garis serat yang indah, ditambah dengan teknik pengecatan maka kayu ini terlihat mengkilap dan indah.

9. Kayu merbau

 

Jenis kayu merbau adalah jenis kayu yang keras dengan kualitas tinggi. Beberapa wilayah di Maluku dan Papua menyebutnya sebagai kayu besi. Memiliki warna kuning kecoklatan, jenis kayu ini memiliki tekstur yang kasar dan merata. Namun setelah diolah permukaannya bisa menjadi licin dan mengkilap.

Kayu merbau memiliki bobot yang cukup berat sehingga awet, tahan lama dari kelapukan dan juga cukup tahan dari serangan rayap. Biasanya kayu merbau digunakan sebagai furniture interior atau sebagai lantai kayu karena tekstur aslinya yang kasar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.