Sukses

Jalan Tol Trans Jawa Permudah Akses ke Ratusan Destinasi Cantik, Sudah Siap Road Trip?  

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran jalan tol Trans Jawa dari Merak hingga Pasuruan dengan jalan tol utama Jakarta - Surabaya membuat akses menuju destinasi wisata menjadi lebih mudah dijangkau. Pemerintah menyebutkan jalan tol Trans Jawa  memberikan kenyamanan mobilitas wisatawan  menuju ke 224 destinasi wisata.

Ratusan destinasi wisata tersebut meliputi berbagai jenis wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, religi hingga wisata edukasi dan permainan.

Secara garis besar, jalan tol Trans Jawa ini terbagi dalam dua sisi yakni Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan (Pansela). Di sisi Pantura sedikitnya terdapat 89 destinasi wisata. Destinasi poros Jakarta-Surabaya ini tersebar di 13 ruas tol. Di Tol Brebes Timur-Tegal, terdapat 15 destinasi di antaranya  Pantai Alam Indah, Obyek Wisata Guci, juga Curug Putri. Sedangkan di ruas Tol Cikampek-Palimanan ada 11 destinasi yang bisa dikunjungi seperti Taman Sari Sunyaragi.

Sebanyak 8 destinasi tersebar pada ruas Tol Brebes-Tegal-Pemalang, Solo-Ngawi, dan Mojokerto-Surabaya. Untuk ruas Brebes-Tegal-Pemalang, pemandangan eksotisnya destinasi bisa dinikmati di Telaga Rengganis, Air Terjun Dhuwur, dan Pantai Widuri. Poros Solo-Ngawi, ada destinasi Museum Trinil juga Benteng Fort Van Den Bosch. Melewati jalan tol Bawen-Salatiga, wisatawan bisa berkunjung ke Candi Gedong Songo dan pada ruas kertosono-Mojokerto ada Candi Bajang Batu dan Berahu hingga Situs Trowula.

Selanjutnya untuk sisi Pansela, tol Trans Jawa ini akan melewati 5 provinsi dan 23 kabupaten/kota. Tol Pansela ini menghubungkan Serang-Banyuwangi dengan panjang total 1.405 Kilometer. Dengan profil tersebut, Tol Trans Jawa zona Pansela memiliki 135 destinasi. Suasana pantai mendominasi destinasi wisata disepanjang pesisir wilayah selatan pulau jawa. Tentunya dengan ciri khas masing-masing di setiap daerahnya.

Serang menjadi wilayah dengan potensi 11 destinasi mulai dari Pantai Anyer, Carita, Sambolo, juga Wisata Alam Gunung Cibaia. Wilayah Pandeglang dan Lebak pun menampilkan 9 destinasi. Pandeglang mengedepankan profil seperti Tanjung Lesung, Ujung Kulon, dan Pantai Putih Cihara. Untuk Lebak ada Pantai Sinini, Tanjung Layar, juga Gua Gede.

Di kawasan DI Yogyakarta, nantinya jalan tol melewati 3 kabupaten seperti Kulonprogo, Bantul, dan Gunung Kidul. Kulonprogo terkenal dengan destinasi Air Terjun Kembang Soka dan Taman Sungai Mudal. Sementara Bantul menawarkan pesona Pantai Parangtritis, Kali Adem, Kalibiru, dan Mangunan. Lalu, ada Goa Jomblang dan Kalisuci di Gunung Kidul.

Sebelum berhenti di Banyuwangi, Jawa Timur menyajikan sekitar 38 pantai. Wilayah Malang ini tercatat sebagai zona dengan destinasi pantai terbanyak. Komposisinya terdiri dari Pantai Teluk Asmoro, Banyu Meneng, Bantol, Tiga Warna, Clungup, dan Gatra. Sebagai ujung tol Pansela, Banyuwangi menawarkan eksotisnya Pantai Pulo Merah, Plengkung, Watudodol, Sukamande, dan Teluk Hijau.

Sudah siap menjajal jalan tol trans jawa dan mengunjungi destinasi wisata terdekatnya? Pastikan performa mobil Anda dalam keadaan terbaik agar perjalanan lancar dan tanpa kendala. Jika menggunakan jasa tour and travel, pilihlah kendaraan sesuai kapasitas anggota keluarga. Untuk liburan bersama keluarga besar atau rombongan, Anda bisa mengajukan permintaan mobil van komersial dari Toyota Hiace.

Mobil Toyota Hiace ini memiliki tampilan body setara dengan mini bus pada umumnya, namun mobil ini telah menawarkan kabin panjang dengan tersedianya fasilitas pintu geser yang akan mempermudah keluar masuk mobil ini.Jika dibandingkan dengan mobil pada umumnya, Toyota Hiace mampu menampung 11-16 penumpang. Kendaraan ini terdiri dari tiga tipe yakni Hiace Standard, Hiace Commuter, dan Hiace Luxury. Tipe terakhir merupakan varian paling premium karena lebih lega, mewah, dan menyenangkan.

 

 

(Adv)