Sukses

Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Bangun dan Melestarikan Bersama saat Hari Musik Nasional 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar peringatan Hari Musik Nasional (HMN) yang jatuh pada Sabtu (9/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar peringatan Hari Musik Nasional (HMN) yang jatuh pada Sabtu (9/3/2024).

Tema Hari Musik Nasional atau HMN 2024 kali ini mengambil tema 'Merdeka Berbudaya Memajukan Musik Indonesia'.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Mendikbudristek Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk membangun dan memajukan ekosistem musik Indonesia demi kepentingan bangsa. Termasuk di antaranya, musik tradisi dan musik anak.

"Memajukan ekosistem musik menjadi sangat penting untuk memastikan keberlanjutan manfaat musik Indonesia sebagai identitas nasional yang membanggakan bagi kita semua, sebagai medium pembelajaran yang membahagiakan, dan tentunya sebagai bentuk pemajuan kebudayaan," ucap Nadiem di Jakarta melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2024).

Serangkaian kegiatan diselenggarakan Kemendikbudristek bersama sejumlah musisi dan komunitas musik dalam rangka Hari Musik Nasional 2024. Acara yang berlangsung mulai Kamis 7 Maret sampai Sabtu (9/3/2024) diadakan di Jakarta

Selain itu diadakan pula di tempat, di mana, pahlawan nasional sekaligus pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Wage Rudolf atau WR Soepratman dimakamkan, yakni Surabaya, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menambahkan, Kemendikbudristek turut memfasilitasi para insan musik untuk berkarya.

"Kemendikbudristek terus berupaya memperkuat ekosistem musik nasional melalui beragam kebijakan serta dukungan kepada komunitas musik. Hal ini sebagai bentuk komitmen kami dalam memfasilitasi seluruh pelaku seni dan budaya dari berbagai latar belakang," kata Hilmar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Jadi Refleksi

Hilmar mengatakan, peringatan HMN 2024 diharapkan juga dapat menjadi refleksi untuk menata pengelolaan musik tradisi secara lebih baik, sehingga berkembang dengan optimal untuk mendukung pemajuan kebudayaan.

"Kemendikbudristek secara aktif mengupayakan pelindungan hak cipta musisi tradisional dan musik tradisi. Musisi tradisional begitu berjasa dalam memajukan budaya sehingga sepatutnya lah memiliki hak yang sama dengan musisi lainnya dalam memperoleh nilai ekonomi dari karyanya agar terus berkembang," papar Hilmar.

Catatan pencapaian penguatan ekosistem musik nasional yang telah direalisasikan Kemendikbudristek 2023 antara lainnya menginisiasi terbentuknya Lembaga Manajemen Musik Tradisonal bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sementara itu, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menyebut, Kemendikbudristek juga menyelenggarakan Festival Musik Tradisi dan keroncong di berbagai tempat.

"Program-program tersebut khazanah baru terbuka bagi masyarakat modern untuk mengenal budaya sebagai jati diri yang otentik," kata Mahendra.

"Tentu dengan adanya penyelenggaraan festival dan pertunjukkan yang telah dan akan terus dilakukan, akan bermunculan musisi-musisi muda. Kita ingin ekosistem musik ini tidak hanya solid tapi juga beregenerasi," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Dorong Musisi Jalanan

Selain itu, dalam upaya penguatan literasi dan distribusi, Kemendikbudristek telah mengemas program Lokovasia sebagai platform pelaku seni musik untuk meningkatkan keahlian mereka dan Indonesian Music Expo yang mampu mengenalkan dan mengantarkan musisi tradisi Indonesia tembus ke pasar dunia.

"Misalnya saja di tahun 2021, bekerja sama dengan Institut Musik Jalanan (IMJ), Kemendikbudristek mendorong pengakuan musisi jalanan sebagai suatu profesi. Fasilitas QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) juga telah diupayakan sebagai dukungan transaksi keuangan yang lebih mudah bagi profesi musisi jalanan," jelas Mahendra.

Sebagai informasi, beberapa rangkaian kegiatan HMN 2024 antara lain Symphonesia Musik Indonesia yaitu Lintas Era bersama Erwin Gutawa Orkestra di Taman Ismail Marzuki, ziarah ke makam WR Soepratman, diskusi musik kebangsaan, dan peluncuran mini konser Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2024.

Puncak acara HMN Tahun 2024 dijadwalkan berlangsung Sabtu (9/3/2024) di Taman Budaya Jawa Timur. Selain di Jakarta dan Surabaya, beberapa wilayah juga akan disambangi, yakni Surakarta, Surabaya, Denpasar, Jakarta, Palembang, guna menyebarluaskan karya musik hasil program KILA Tahun 2020 hingga 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.