Sukses

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya, Alami dan Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok tentu menjadi salah satu problem kesehatan rambut yang sering dihadapi. Rambut rontok bisa jadi merupakan faktor genetika yang kamu miliki.

Namun, rambut rontok juga dapat terjadi karena kekurangan gizi dan terlalu sering menggunakan bahan kimia pada rambut. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan daun lidah buaya.

Tidak banyak yang tahu, bahwa lidah buaya mengandung 20 mineral, 12 vitamin, 18 asam amino dan 200 phytonutrient yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Tak heran kalau bahan alami ini banyak digunakan dalam banyak produk kecantikan.

Berikut Liputan6.com rangkum 6 cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya yang alami dan sehat, Jumat (22/2/2019).

2 dari 7 halaman

1. Gunakan getah lidah buaya

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah menggunakan getah atau gel lidah buaya. Sebelum menerapkan cara ini, basahi dulu rambutmu dan tunggu sampai setengah kering. Ambil sebatang lidah buaya segar, keluarkan getahnya, kemudian usapkan pada kulit kepala sebelum keramas.

Setelah it, usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepalamu, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

3 dari 7 halaman

2. Lidah buaya dan santan

Cara mengatasi rambut rontok yang kedua adalah campuran santan dan gel lidah buaya. Lidah buaya dan santan memberi nutrisi pada rambutmu dari akar hingga ke ujung kepala untuk menghentikan kerontokan yang berlebihan. Bahan alami ini mengandung senyawa dan gizi yang menyehatkan kulit kepala dalam meningkatkan pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Masukkan gel aloe vera dan santan dalam blender dan campur selama beberapa detik sampai halus dan lembut. Basahi rambutmu dan pisahkan menjadi beberapa bagian, lalu oleskan campuran masker dari akar sampai ke ujungnya.

Tutupi seluruh rambutmu dan biarkan selama 30 hingga 40 menit. Ssetelah itu cuci dengan shampo biasa dan biarkan kering secara alami. Ulangi dua atau tiga kali seminggu untuk menghentikan kerontokan rambutmu dalam waktu singkat.

4 dari 7 halaman

3. Lidah buaya dan minyak rosemary

Cara mengatasi rambut rontok yang ketiga adalah lidah buaya dan minyak rosemary. Salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme sel yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih tebal.

Campurkan setengah cangkir getah lidah buaya segar atau aloe vera gel dalam kemasan dengan minyak rosemary secukupnya. Usapkan pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Kemudian bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan semalaman. Cuci bersih dengan shampo berformula ringan keesokan harinya.

Itulah beberapa cara untuk memanfaatkan getah lidah buaya dalam perawatan rambut sehari-hari. Lakukan perawatan dengan lidah buaya secara teratur agar rambut tidak rontok senantiasa lebat, sehat, dan berkilau.

5 dari 7 halaman

4. Lidah buaya dan Yogurt

Cara mengatasi rambut rontok yang keempat adalah lidah buaya dan yogurt. Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Caranya tinggal mencampur beberapa sendok makan yogurt dengan gel lidah buaya.

Setelah membentuk masker, aplikasikan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala secara perlahan, dan tunggu hingga lebih kurang 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara merawat rambut rontok ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

6 dari 7 halaman

5. Lidah buaya dan jeruk nipis

Cara mengatasi rambut rontok yang kelima adalah lidah buaya dan jeruk nipis. Jeruk nipis ternyata juga bisa mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah, yakni dengan menyediakan perasan jeruk nipis sebanyak setengah cangkir ukuran kecil yang bisa didapat dari tiga buah jeruk nipis ukuran sedang.

Campurkan perasan jeruk nipis dengan gel lidah buaya hingga berbentuk pasta. Jadikan campuran ini sebagai masker. Aplikasikan masker pada rambut dan kulit kepala, pijat perlahan dan diamkan selama satu jam. Setelah hampir mengering bilas dengan air hangat kemudian air dingin hingga bersih.

7 dari 7 halaman

6. Lidah buaya dan kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara merawat rambut rontok yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Campurkan gel lidah buaya dengan minyak kemiri usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut kamu bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Cegah Corona, Begini Cara Sterilkan Pesawat dengan Sinar UV