Sukses

15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki penampilan yang sempurna merupakan idaman banyak orang. Pasalnya, penampilan yang paripurna bisa menunjang percaya diri. Salah satu yang utama adalah penampilan wajah.

Banyak orang yang mengira, bahwa hanya jerawat dan bekasnya saja yang bisa menganggu penampilan wajah. Padahal, sebenarnya ada beberapa masalah lainnya yang bisa muncul pada wajah yakni pori-pori wajah yang besar.

Pori-pori kulit yang besar membuat wajah jadi mudah terlihat berminyak dan tampilan makeup jadi terlihat tidak mulus. Tentu saja hal ini bisa merusak penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Tak heran, berbagai cara pun dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajahnya. Termasuk perawatan di salon. Tapi, mengecilkan pori-pori wajah bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami lho.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara ampuh mengecilkan pori-pori dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah.

2 dari 4 halaman

Bahan alami untuk mengecilkan pori-pori

1. Es Batu

Es batu bisa digunakan sebagai cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya cukup mudah:

- Ambil es batu dari freezer,

- Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan atau handuk wajah,

- Oleskan pada wajah Anda,

- Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

2. Madu

Madu mengandung banyak anti-oksidan dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Madu merupakan pelembap alami wajah sekaligus dapat mencerahkan kulit. Caranya:

- Siapkan 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah,

- Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Air Rendaman Beras

Saat anda mencuci beras dan hendak menanak nasi, jangan membuang airnya. Pada beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Caranya:

- Rendam beras dalam wadah,

- Biarkan air beras agar mengendap,

- Lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

4. Kopi dan Gula

Kedua bahan ini bisa digunakan sebagai scrub pada wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah terangkat dengan sempurna. Sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan tidak adanya sel kulit mati, maka pori-pori wajah mengecil. Caranya:

- Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta,

- Kemudian dengan perlahan-lahan gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

5. Jeruk Nipis

Mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C, jeruk nipis berfungsi untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Karena manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis diyakini dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya:

- Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya,

- Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah,

- Diamkan selama 15 menit,

- Bilas wajah Anda dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan mudah

6. Lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu dalam buah lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Caranya:

- Potong buah lemon menjadi 2 bagian, lalu peras airnya,

- Oleskan air perasan lemon pada wajah Anda,

- Biarkan selama 15 menit (hal ini akan membuat pori-pori menjadi menutup).

7. Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk lebih banyak mengandung vitamin C bila dibandingkan dengan buahnya. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai masker wajah yang bermanfaat sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Caranya:

- Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering,

- Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus,

- Campurkan air secukupnya hingga berbentuk pasta,

- Setelah itu oleskan pada wajah Anda (yang sebelumnya telah dibersihkan),

- Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan menggunakan buah pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, serta dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan berfungsi menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Caranya:

- Kupas dan potong buah pepaya,

- Tumbuk halus papaya,

- Lalu gunakan sebagai masker,

- Diamkan selama 30 menit,

- Bilas wajah Anda dengan air bersih.

9. Alpukat

Manfaat buah alpukat dapat melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini, karena alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Guna vitamin E untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin C adalah zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen yang menjaga agar kulit tetap kenyal. Dengan memanfatkan buah alpukat, akan mengatasi penyebab pori-pori membesar sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya. Caranya:

- Belah buah alpukat dan keruk isinya,

- Haluskan daging buah alpukat, lalu gunakan sebagai masker wajah,

- Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

10. Pisang

Pisang mengandung banyak vitamin C, yang efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Caranya:

- Kupas 1 buah pisang, lalu tumbuk halus,

- Tambahkan 1 sdm madu, campur hingga merata,

- Lalu oleskan masker ini pada wajah,

- Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami

11. Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk yang bisa menyebabkan pori-pori wajah mengecil. Tomat juga bisa dimanfaatkan menjadi tabir surya alami untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Caranya:

- Tumbuk halus buah tomat hingga menjadi bubur,

- Lalu oleskan pada wajah,

- Diamkan selama 30 menit,

- Bilas wajah dengan air bersih.

12. Kentang

Kentang mengandung mineral yang dapat menjadi antibiotik alami yang memperlambat penuaan pada wajah. Selain itu kentang dapat membantu regenerasi kulit serta menghilangkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori akan mengecil. Anti-oksidan yang alami juga berfungsi untuk menyamarkan atau menghilangkan noda atau flek pada wajah secara sempurna. Caranya:

- Tumbuk halus kentang yang telah direbus,

- Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta,

- Kemudian oleskan pada wajah,

- Diamkan selama 30 menit,

- Bilas wajah Anda dengan air bersih.

13. Timun

Timun kaya akan mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran wajah. Timun juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Cara pertama:

- Iris mentimun Tipis-tipis,

- Tempelkan pada seluruh wajah,

- Diamkan selama 30 menit,

- Basuh dengan menggunakan air bersih.

Cara kedua:

- Parut mentimun dan ambil airnya,

- Lalu dengan menggunakan kapas, oleskan pada wajah,

- Diamkan selama 30 menit,

- Basuh dengan menggunakan air bersih.

14. Bengkoang

Buah bengkoang banyak sekali digunakan sebagai produk kecantikan untuk dijadikan pemutih. Tapi selain berguna sebagai pemutih wajah, bengkoang juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Sebab buah bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang menjaga agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah yang akan mengakibatkan pori-pori wajah membesar.

Caranya:

- Parut buah bengkoang lalu peras dengan menambahkan air,

- Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami,

- Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan wajah Anda dengan air bersih.

15. Lobak Putih

Selain digunakan sebagai sebagai bahan dapur, ternyata lobak putih bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Kandungan pada lobak putih seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Lobak putih yang mengandung banyak air di dalamnya juga akan membuat kulit Anda menjadi lebih lembap dan sehat.