Sukses

Sederet Penilaian Kesan Pertama Hanya dalam Hitungan Detik (Bagian 2)

Liputan6.com, Jakarta - Seperti bahasan sebelumnya, pemikiran pada orang lain dapat dipengaruhi oleh kesan pertama. Ada beragam hal yang membuat seseorang menarik kesimpulan hanya dalam beberapa detik.

Secara tak disadari, momen ini terjadi pada diri sendiri. Selain keenam pikiran orang saat bertemu, masih ada pula poin-poin lain yang hadir di bagian kedua ini. Lantas apa saja? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari theladders.com, Jumat (14/12/2018) berikut ini.

1. Jika Anda Sukses

Sebuah studi Inggris-Turki, para peserta melihat foto-foto pria dengan pakaian yang disesuaikan dan tidak sesuai selama lima detik. Orang-orang dengan setelan khusus dinilai lebih sukses.

"Berdasarkan bukti penelitian ini, tampaknya pria mungkin disarankan untuk membeli pakaian yang disesuaikan dengan baik, karena dapat meningkatkan citra yang mereka komunikasikan dengan positif kepada orang lain," terang para penulis.

2. Jika Sedang Menuju Promosi

Dalam sebuah penelitian di Kanada 2011, para mahasiswa diperlihatkan foto-foto model pria yang memakai pakaian bisnis atau kasual. Mereka ditanya mengenai pria itu akan tampil dalam berbagai pekerjaan.

Hasilnya mencolok, bukan hanya pria yang berpakaian rapi yang diharapkan menghasilkan lebih banyak uang, mereka juga diharapkan untuk dipromosikan lebih cepat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

3. Jika Suka Berpetualang

Dalam studi Durham University, mahasiswa diperlihatkan klip video dari 26 siswa yang berjalan. Beberapa dengan cara berjalan pelan, beberapa lebih kencang. Hanya beberapa langkah diperlukan untuk mencerminkan kepribadian. Siswa menyamakan gaya berjalan pelan dengan ekstroversi dan petualangan.

4. Jika Berkencan

Sebuah penelitian terbaru tentang kencan online menunjukkan pengguna situs kencan dengan cepat menentukan seberapa tinggi Anda hanya dari foto Anda. Muncul "lebih terbuka, terbuka untuk pengalaman baru, stabil secara emosional, dan disukai" mendorong kesuksesan seseorang di situs kencan.

Tapi sepertinya wanita lebih ambisius dan terluka dari situs, sementara itu yang membantu pengguna pria di situs menemukan kesuksesan. Bahkan usai mengontrol teks yang orang-orang berikan di profil kencan mereka, para peneliti menemukan bahwa tayangan dari foto itu benar.

"Hasil ini menunjukkan bahwa tayangan pertama berbasis foto dapat mempengaruhi keputusan untuk menghubungi calon pasangan, bahkan setelah mempelajari informasi relevan lainnya tentang orang tersebut," para peneliti menulis.

5. Jika Anda Bisa Jadi Teman atau Musuh

Bukan hanya mata kita yang membantu membentuk kesan pertama. Penelitian dari ahli psikologi Italia Mariella Pazzaglia menunjukkan indera penciuman kita membantu kita memutuskan apakah seseorang adalah teman atau musuh.

Menurut penelitian, kami menentukan apakah seseorang ada di keluarga atau kelompok sosial kami dengan aroma. Jika seseorang mencium baunya, itu adalah tanda bahwa mereka seperti kita dan dapat memberikan dukungan sosial. Tetapi jika mereka berbau terlalu berbeda, mereka mungkin tidak memiliki kepentingan terbaik.

Perempuan di China Jadi Tuli Kalau Dengar Suara Pria, Kok Bisa?

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Sederet Penilaian Kesan Pertama Hanya dalam Hitungan Detik (Bagian 1)