Sukses

Asal-usul Es Cendol Elizabeth Bandung nan Legendaris

Es Cendol Elizabeth berdiri sejak 1972 di Bandung, Jawa Barat. Pemilihan nama itu berawal karena tak sengaja.

Liputan6.com, Jakarta - Cendol mendadak jadi ramai jadi perbincangan setelah CNN Travel menyebut cendol berada di urutan ke-9 dari 50 makanan penutup terenak di dunia. Makanan terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan es parut yang dicampur gula merah dan santan itu memang lekat dengan lidah orang Indonesia. salah satunya es cendol Elizabeth di Bandung, Jawa Barat.

Salah satu cendol legendaris adalah Es Cendol Elizabeth. Adalah Haji Rohman yang merintis usaha minuman manis segar tersebut. Dia dibantu anak-anaknya dalam mengelola usaha yang dirintisnya sejak 1972 ini.

Nur Hidayah, putri kedua Haji Rohman, sempat bercerita bapaknya semasa kecil sudah harus membantu perekonomian keluarga. Rohman yang ketika itu baru duduk di bangku kelas 2 SD ditinggal sang ayah.

"Awalnya, bapaknya Bapak (Rohman) meninggal, waktu itu masih tinggal di Pekalongan. Kehidupan di desa kan tak menentu hanya kerja tani. Sementara, bapak itu anak laki-laki satu-satunya jadi tumpuan keluarga," ucap Nur kepada Liputan6.com, 3 Juni 2017 lalu.

Awalnya, Rohman keliling berjualan cendol dan memulai berjualan di kawasan Leo Genteng, Astana Anyar, Kota Bandung. Usai berkeliling, Rohman biasanya memarkirkan jualannya di sebuah rumah di Jalan Ciateul. Rumah tersebut yang kemudian menjadi titik awal dimulainya usaha cendol milik Rohman.

Pemilik rumah tersebut bernama Elizabeth (Bu Eli) dan merupakan pelanggan tetap Rohman. Menurut Nur Hayati, Elizabeth saat itu bekerja di sebuah toko tas.

"Ada suatu waktu Bapak tidak bisa nulis. Kalau ada pesanan larinya ke dalam minta Bu Eli menuliskan pesanannya. Kalau Ibu Eli menulis selalu pakai bon Toko Elizabeth. Dari situ Bu Eli bilang, 'Sudah aja Man, cendolnya sekalian namain Cendol Elizabeth'. Dan orang pun kenalnya Cendol Elizabeth karena pakai bon itu," ujar Nur.

Sejak itu, nama cendol Rohman bernama Es Cendol Elizabeth hingga terkenal sampai saat ini. Tak sedikit yang mendompleng popularitas Es Cendol Elizabeth.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.