Sukses

Cara Membuat Popcorn Karamel ala Bioskop di Rumah, Gurih dan Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Popcorn merupakan camilan atau jajanan yang terbuat dari jagung yang biasanya dimakan saat sedang bersantai, menonton film di bioskop, dan acara keluarga. Kudapan satu ini memang sangat diminati oleh semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya di tempat keramaian dipastikan ada yang menjual camilan satu ini.

Ternyata, popcorn sudah ditemukan sejak abad 16 lalu. Hal ini rupanya terkuak dari catatan diary Hernando Cortes (1485-1547). Dirinya seorang pemimpin ekspedisi kerajaan Spanyol yang menghancurkan suku Aztec dan menguasai Meksiko pada abad 16. Dalam buku diary-nya, dia menulis bahwa popcorn adalah makanan penting bagi suku Aztec.

Suku Aztec menggunakan popcorn sebagai kalung, hiasan patung dewa, dan dekorasi ritual upacara. popcorn yang bentuknya seperti bunga putih disebut suku Aztec sebagai persembahan untuk dewa air.

Tak hanya di suku Aztec, para arkeolog menemukan bahwa popcorn juga sempat berkembang di Asia, terutama di daerah Cina, Sumatera, dan India. Jauh sebelum Columbus sampai di benua Amerika tahun 1492. Namun demikian, camilan gurih ini baru dikenal masyarakat tahun 1840. Kala itu, popcorn mulai dijual di acara pameran dan karnival. Popcorn semakin dikenal saat ditemukannya mesin pembuat popcorn oleh Charles Cretors tahun 1885 yang kala itu tinggal di Illionis, Amerika Serikat.

Bahan baku pembuatan popcorn adalah jagung dan mentega. Popcorn adalah jagung yang dipanaskan dengan menggunakan suhu tinggi. Sedangkan mentega sendiri dipakai supaya popcorn menjadi lebih gurih dan enak. Memasak popcorn sangatlah mudah hanya dengan mencapurkan satu sendok makan mentega dan 2 hingga tiga sendok biji jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam 2 menit popcorn yang gurih dan lezat siap untuk disantap. Dirangkum Liputan6.com, Rabu (31/10/2018), ini dia cara membuat popcorn karamel. 

2 dari 4 halaman

Bahan cara membuat popcorn

1 cup jagung popcorn

100 gram mentega

 

3 dari 4 halaman

Bahan karamel

75 ml susu kental manis

100 gram gula pasir

200 ml air

1 sdt essence vanila

1/2 sdt soda kue

100 gram mentega

4 dari 4 halaman

Cara membuat popcorn karamel

1. Masukkan sedikit mentega dalam panci.

2. Tuang jagung ke dalam panci secukupnya.

3. Aduk-aduk, dan setelah muncul jagung yang mengembang tutup panci namun jangan terlalu rapat.

4. Kecilkan api dan tunggu sampai semua popcorn mengembang.

5. Masak karamel dengan mencampurkan gula, susu, air, dan essence vanila sampai rata.

6. Masak di wajan dengan api yang kecil sampai warna berubah kecokelatan.

7. Matikan api dan masukkan soda kue.

8. Tambahkan mentega dan aduk rata.

9. Tuang karamel di atas popcorn dan aduk cepat sampai rata.

10. Panggang dengan api kecil kurang lebih 30 menit sambil terus diaduk selama 10 menit sekali.

11. Dinginkan dan popcorn siap disajikan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanpa Kompor, Begini Cara Membuat Popcorn dengan Rice Cooker