Sukses

7 Wisata Lombok Barat Paling Recommended, Nggak Kalah Indah dari Gili Trawangan

Liputan6.com, Jakarta Lombok merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang dimiliki Indonesia. Objek Wisata Lombok memiliki pesona alam yang menawan, yang pastinya membuat momen liburan semakin menyenangkan dan berkesan. Berkunjung ke Pulau Lombok belum lengkap tanpa mengunjungi lokasi-lokasi wisatanya yang sudah terkenal akan keindahannya. Wisata Lombok menyimpan banyak sekali potensi wisata hampir di setiap sudut wilayahnya, termasuk di Lombok Barat.

Lombok Barat merupakan Kabupaten kedua terluas di Pulau Lombok setelah Kabupaten Lombok Timur. Beragam destinasi wisata ada di sini, mulai dari dataran tinggi sampai dataran rendah berupa pantai. Di Lombok Barat, terdapat banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi bahkan pesonanya nggak kalah indah dari Gili Trawangan yang sudah populer itu. Penasaran apa saja wisata Lombok Barat paling recommended? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (19/10/2018), spot wisata Lombok Timur yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Pulau Lombok.

2 dari 8 halaman

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan pantai yang paling populer di Lombok Barat, bukan hanya di kalangan wisatawan lokal saja, wisata Lombok Barat satu sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara. Garis pantainya yang panjang mencapai 10 kilometer, pasir pantainya yang bersih serta airnya yang biru membuat keindahan pantai yang satu ini kian lengkap. Para wisatawan juga bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut dan mengamati berbagai biota laut dengan cara menyelam, karena terumbu karang dan ekosistem laut lainnya di pantai ini terjaga dengan baik. Aktivitas lain yang ditawarkan untuk wisatawan adalah surfing, naik perahu, bermain-main di pinggir pantai, main kano, dan berbelanja. Pantai ini berada di sebelah barat Lombok. Sekitar 1 jam dari Mataram.

3 dari 8 halaman

2. Hutan Lindung Sesaot

Hutan lindung Sesaot adalah wisata hutan yang terdapat Desa Sesaot, sekitar 5 km sebelah Utara Suranadi Kecamatan Narmada Lombok Barat. Kondisi hutan yang masih sangat alami dengan sumber mata air yang berasal dari Gunung Rinjani ini membuat hutan lindung Sesaot sangat cocok dijadikan destinasi saat liburan di Lombok.

Masih alami dan asri, di sini kamu bisa menikmati keindahan hutan wisata dan hutan lindung sekaligus loh. Di dalam kawasan hutan terdapat lebih dari 40 sumber mata air yang mengalir ke beberapa sungai di kota Mataram dan Lombok. Di objek wisata Lombok ini wisatawan akan dimanjakan dengan udara sejuk dan nuansa khas alam. Semakin segar di antara hamparan pepohonan yang menjulang tinggi terdapat sungai Kokok Aiq Nyet yang berair jernih.

4 dari 8 halaman

3. Bukit Malimbu

Ingin menikmati pemandangan sunset yang indah di Lombok? Bukit Malimbu Lombok adalah pilihan terbaik untuk menikmati sunset tersebut, karena tempat ini akan memberikan sebuah adegan khusus, yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Di sini wisatawan tidak hanya akan disajikan dengan pemandangan matahari terbenam yang indah tetapi juga bisa melihat dua jembatan yang paling terkenal, yaitu Gili Air dan Gili Meno dari kejauhan, dengan latar belakang matahari terbenam.

Bukit Malibu Lombok (Malimbu Hills) terletak sekitar 24 kilometer dari pusat Mataram, atau hampir 10 kilometer di sebelah utara Pantai Senggigi. Jalan menuju ke bukit sangat sulit sehingga wisatawan akan menghabiskan 45 menit untuk pergi ke sana dengan mobil.

5 dari 8 halaman

4. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong adalah salah satu objek wisata Lombok yang berada di pesisir pantai Lombok dan di bangun di atas batu hitam. Lokasi pura ini sangat strategis terletak di Dusun Batu Bolong, Kecamatan Batulayar –  Lombok Barat sekitar 5 menit dari kawasan pusat pariwisata Pantai Senggigi atau sekitar 20 menit dari pusat Kota mataram. 

Nama pura ini di ambil dari bentuk batu hitam tempatnya di bangun, batu besar yang berbentuk bukit ini memiliki lubang di bagian pesisir pantai. Jika air sedang surut kamu bisa melewati lobang batu tersebut yang seperti gua hanya sekitar 5 meter dan bisa langsung menuju Pantai Duduk. Spot wisata ini juga jadi salah tempat favorit untuk melihat sunset.

6 dari 8 halaman

5. Taman Narmada

Peninggalan kerajaan yang dikenal sebagai kolam pemandian raja ini merupakan wisata spesial yang terlihat berbeda, diantara objek wisata Lombok lainnya. Taman Narmada terletak di desa Lembuak, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur kota Mataram dengan luas sekitar 2 hektar. Di bagian bawah dari taman Narmada ini terdapat tiga kolam dengan air jernih dan wujudnya seperti danau yang indah. Selain itu, di dalam taman ini terdapat Pura Kalasa yang berada di bagian paling atas. Pada bulan November dan Desember, taman Narmada ini difungsikan sebagai pusat ibadah. Penduduk asli Lombok penganut agama Hindu, pada bulan tersebut merayakan Hari Pujawali.

Meski termasuk objek wisata peninggalan sejarah, spot satu ini sudah ada wahana permainan bagi pengunjung seperti sampan dan flying fox yang melintas di atas air kolam di taman Narmada.

7 dari 8 halaman

6. Gili Kedis, Gili Nanggu dan Gili Sudak

Ketiga gili berjejer dalam satu tempat yang berdekatan. Jadi kamu bisa mengunjungi ketiga gili ini sekaligus dalam satu waktu. Meskipun tidak seramai Gili Trawangan, gili yang terletak di Desa Sekotong Barat, Sekotong, Lombok Barat, ini menawarkan panorama alam yang tidak kalah menakjubkannya. Pasirnya yang putih bersih dipadukan dengan pantai yang jernih tentu membuat pemandangan di objek wisata Lombok ini terlihat sangat memesona. Gili ini sangat cocok untuk kamu yang ingin liburan tenang dan damai. Sebab masih sangat jarang sekali wisatawan yang berkunjung ke sini. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini seperti Snorkeling, kayaking, camping, diving, Fish feeding, memancing dan lain-lain.

8 dari 8 halaman

7. Kota Ampenan

Di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, terdapat sebuah kecamatan bernama Ampenan. Ampenan identik dengan keberadaan bangunan kunonya yang kemudian dikenal dengan nama Kota Tua Ampenan. Hampir seluruh bangunan yang ada di kawasan ini adalah bangunan tua. Yakni bangunan peninggalan zaman Belanda atau kisaran tahun 1800.

Kota dengan arsitektur kuno ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Banyak bekas bangunan-bangunan bersejarah sejak zaman peninggalan Belanda berdiri di sini. Di sana pengunjung dapat menyaksikan berbagai situs sejarah masa silam. Kehidupan multi etnik menjadi salah satu ciri khas Kota Tua Ampenan. Untuk mengelilingi kota tua bersejarah ini, wisatawan bisa menggunakan cidomo, yakni kereta kuda yang merupakan kendaraan tradisional masyarakat Pulau Lombok. Wisata Lombok satu ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang memiliki hobi fotografi.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Wisata Kuliner Solo yang Bikin Rela Antre, Ada Langganan Jokowi
Artikel Selanjutnya
6 Spot Wisata Cirebon dengan Kuliner Lezat yang Menggoyang Lidah