Sukses

8 Objek Wisata Alam Garut yang Instagramable & Hits di Kalangan Traveler

Cocok banget sebagai tujuan wisata keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Garut merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat dengan ibukota Tarogong Kidul. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sumedang di utara, Kabupaten Tasikmalaya di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung di barat.

Sebagian besar wilayah kabupaten ini adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Di antara gunung-gunung di Garut adalah Gunung Papandayan (2.262 m) dan Gunung Guntur (2.249 m), keduanya terletak di perbatasan dengan Kabupaten Bandung, serta Gunung Cikuray (2.821 m) di selatan kota Garut.

Garut sendiri memiliki banyak potensi wisata unggulan yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan. Letaknya yang tidak begitu jauh dari Bandung bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyambangi wisata alam yang cukup beragam.

Mulai dari Gunung Papandayan yang eksotis, Gunung Cikuray dengan keindahannya yang luar biasa, hingga beberapa pantai dan air terjun yang memesona. Ada banyak pilihan destinasi wisata menarik di Garut yang bisa dijelajahi selama liburan. Mulai dari wisata alamnya yang menyejukkan, wisata hiburan keluarga, hingga wisata sejarah dan budaya yang sarat akan muatan edukasi yang bermanfaat.

Nah berikut 8 destinasi wisata alam Garut yang Instagramable dan hits di kalangan traveler yang dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Rabu (17/10/2018)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Situ Bagendit dan Kawasan Wisata Cipanas.

1. Situ Bagendit.

Danau atau Situ Bagendit hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Garut, tepatnya di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.  Objek wisata alami di Garut ini menjadi salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.  Selain  karena menyajikan pemandangan alam yang memikat, lokasi wisatanya juga mudah untuk diakses.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat yang sejuk ini, mulai dari berkeliling danau dengan rakit bambu ataupun bebek air, menikmati serunya suasana di arena bermain hingga menjelajahi pasar tradisional yang ada di sekitar danau.

2. Kawasan Wisata Cipanas. 

Satu lagi wisata Instagramable yang wajib kamu kunjungi yaitu kawasan wisata Cipanas. Kawasan wisata Cipanas Garut ini merupakan salah satu objek wisata yang diunggulkan di Garut, letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Garut membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Terlebih dengan pemandangan alamnya yang begitu memukau karena letaknya berada di kaki Gunung Guntur dengan hawa sejuk pegunungan yang menyegarkan.  Di kawasan ini ada banyak lokasi pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam.

3 dari 5 halaman

Kawasan Wisata Darajat dan Karacak Valley.

3. Kawasan Wisata Darajat.

Selain kawasan Cipanas, kawasan wisata Darajat Garut juga sangat populer di kalangan wisatawan.  Terletak di sekitar 25 km dari pusat kota Garut, objek wisata ini menyajikan pemandangan yang luar biasa karena berada di ketinggian.

Berada di lokasi ini pengunjung bisa dengan leluasa menikmati pemandangan lembah di bawahnya yang mempesona.  Sama seperti di Cipanas, di kawasan wisata ini juga terdapat banyak pilihan kolam pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam dan bersantai. Tak Cuma itu, ada wahana-wahana air yang juga sangat menyenangkan dengan pemandangan dari ketinggian.

4. Karacak Valley.

Objek wisata Garut yang baru diresmikan pada bulan Agustus 2016 ini berlokasi di Desa Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Pada awalnya merupakan perkebunan kopi dan hutan pinus. Namun dengan potensi wisata alamnya yang memukau, tempat ini kemudian dikembangkan sebagai kawasan wisata yang menarik dan banyak difavoritkan oleh wisatawan.

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa refreshing dan menikmati keindahan alam dengan leluasa. Selain itu terdapat juga fasilitas camping ground bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam terbuka dengan berkemah. Perjalanan ditempuh sekitar 30 menit karena jalanan menuju Karacak Valley cukup menanjak. Di sana Anda bisa menemukan hutan pinus yang cocok untuk berfoto. Selain itu juga terdapat rumah-rumah pohon dan dapat berjalan hingga air terjun.

4 dari 5 halaman

Kebun Mawar Situhapa dan Kawah Talaga Bodas.

5. Kebun Mawar Situhapa.

Kebun Mawar Situhapa terletak di Jalan Kamojang Km 5, Samarang, Kabupaten Garut.  Objek wisata ini sebenarnya merupakan sebuah penginapan yang memiliki konsep kebun bunga dengan aneka macam warna, dan bukan hanya mawar saja. 

Hamparan kebun bunga aneka warna menjadi pemandangan alam yang begitu mempesona, sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik.  Selain menikmati keindahan alamnya yang menyejukkan mata, kamu juga bisa menginap di penginapan bernuansa alam ini.

6. Kawah Talaga Bodas.

Lokasi wisata yang satu ini bukan hanya populer sebagai objek wisata, tetapi juga sangat populer sebagai kolam pemandian air panas untuk pengobatan. Ada dua jenis tempat pemandian air panas yang bisa dipilih pengunjung, yaitu kolam air panas di kawah Talaga Bodas dengan beberapa kolam kecil terbuka dan Pancuran 7 Talaga Bodas.

5 dari 5 halaman

Kawah Kamojang dan Hutan Mati Papandayan.

7. Kawah Kamojang.

Kawah Kamojang adalah objek wisata alam di Garut yang terletak di wilayah Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Dengan ketinggian sekitar 1.730 Mdpl, suhu udara di kawasan ini cukup dingin sehingga sangat disarankan untuk membawa jaket tebal. 

Kawah ini dikelola sebagai PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) dan dibangun sejak tahun 1926 pada masa penjajahan Belanda. Setidaknya ada 23 titik kawah yang berada di lokasi ini, dimana dua diantaranya berbentuk seperti danau uap. Konon uap yang dihasilkan kawah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, sementara aroma uapnya juga diyakini mampu melancarkan peredaran darah dan sistem pernafasan.

8. Hutan Mati Papandayan.

Lokasi wisata yang satu ini menyajikan pemandangan unik berupa hutan mati yang mengering.  Hutan yang mengering di kawasan ini diakibatkan karena letusan Gunung Papandayan di tahun 2002 silam. Meskipun terlihat sedikit suram, tapi lokasi wisata ini banyak dijadikan spot foto yang unik dan bahkan menjadi lokasi untuk pemotretan. 

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini dan mengabadikannya dalam sebuah foto yang artistik.  Di lokasi wisata ini aroma belerangnya cukup menyengat sehingga pengunjung disarankan untuk menggunakan masker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.