Sukses

Operasi Plastik Ratna Sarumpaet Habiskan Biaya Rp 90 Juta

Akhirnya hasil analisis Kepolisian Republik Indonesia terbukti benar atas kasus foto muka bengkak Ratna Sarumpaet yang beredar viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Akhirnya hasil analisis Kepolisian Republik Indonesia atas kasus foto muka bengkak Ratna Sarumpaet yang beredar viral di media sosial terbukti. Perempuan aktivis asal Tarutung ini tidak dianiaya, melainkan melakukan operasi plastik dengan biaya Rp 90 juta.

Sejak 20 - 24 September 2018, nomor ponsel ****00450 dengan nama registrasi Ratna Sarumpaet dari ponsel Iphone 8 Plus aktif di wilayah Jakarta bukan di Bandung atau Jawa Barat.

Artinya pemberitaan yang menyebutkan Ratna Sarumpaet dikeroyok oleh beberapa orang setelah mengikuti kegiatan internasional di wilayah Jawa Barat adalah hoaks.

"Tanggal 21, saya mendatangi rumah sakit menemui dokter Sidik untuk melakukan bedah plastik. Kedatangan saya ke situ karena kami sepakat dengan beliau akan menyedot lemak," ujar Ratna dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Dokter Sidik, kata Ratna, merupakan dokter yang dia percaya. Kedatangannya untuk menanyakan kenapa muka memar. Menurut dokter, hal itu merupakan kejadian biasa.

"Apa yang saya katakan ini akan menyanggah adanya penganiayaan," ujar Ratna.

Ratna tidak membayangkan saat ditanya anak dan menjawab dipukul orang. "Saya tak pernah membayangkan akan terjebak kebodohan ini. Saya terus menutup rapat kebenaran ini pada anak-anak saya selama seminggu," ujar Ratna. Alasan itu, kata Ratna, hanya untuk keluarga dan tidak ada urusan dengan politik.

Polisi sendiri menemukan ada aktivitas transaksi atas nama Ibrahim Fahmi Al Hadi (anak Ratna Sarumpaet) dan rekening Ratna sendiri. Setidaknya tiga kali debet ke Rumah Sakit Khusus Bedah Bisa Estetika terjadi. Tanggal 20 September 2018 pukul 21.00 WIB sejumlah Rp 25 juta.

Tanggal 21 September, pukul 17.06 terjadi transaksi debit sebesar Rp 25 juta dan tanggal 24 September pukul 21.11 terjadi transaksi sebesar Rp 40 juta.

Bagian operasional RS Khusus Bedah Bina Estetika An farhan dan Manajer Medis RS Khusus Bedah Bina Estetika, dokter Inggris membenarkan Ratna Sarumpaet dirawat pada 21 sampai 24 September untuk melakukan operasi plastik.

Bahkan tercatat dalam buku register rawat inap RS Bina Estetika Ratna masuk pada Jumat, 21 September pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, berdasarkan rekaman CCTV, Ratna keluar dari rumah sakit pada Senin, 24 September pukul 21.28 WIB menggunakan taksi Blue Bird.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.