Sukses

20 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Sehingga Terlihat Awet Muda

Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang kencang dan kenyal? Baik pria maupun wanita pasti menginginkannya. Sayangnya seiring bertambahnya usia, kulit bisa kehilangan elastisitasnya sebab kemampuan regenerasi kulit jadi menurun. Hal ini kemudian menyebabkan munculnya garis-garis halus pada wajah seperti di sekitar hidung, mulut, pipi, dan area mata dan juga kekenduran kulit wajah. Alhasil, kulit wajah jadi terlihat lebih tua.

Banyak cara yang kemudian ditempuh agar kulit wajah tetap kencang meskipun bertambah usia. Mulai dari menggunakan produk kecantikan yang berguna untuk mengencangkan wajah, pergi ke klinik kecantikan, hingga melakukan operasi plastik. Padahal ada cara aman yang bisa Anda lakukan guna mengembalikan kekencangan kulit. Dirangkum oleh Liputan6.com (18/7), berikut caranya.

Cara mengencangkan kulit wajah pria dan wanita secara alami agar awet muda

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mengencangkan kulit wajah. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara mengencangkan kulit wajah secara alami. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah lalu diamkan selama 15 menit.

2. Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikutnya adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat digunakan sebagai cara mengencangkan kulit wajah. Dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah Anda dan membiarkannya selama 15 menit akan membuat pori-pori menjadi menutup.

3. Jeruk

Jeruk yang biasa Anda makan dagingnya pun juga dapat menjadi salah satu alternatif cara mengencangkan kulit wajah secara alami berikutnya. Alih-alih Anda memakan dagingnya, peras air jeruk lalu oleskan pada wajah Anda. Lakukan secara rutin maka pori-pori wajah Anda akan menutup sehingga nampak lebih kecil.

2 dari 4 halaman

4. Kulit jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengencangkan kulit wajah.

Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelahnya oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengecilkan pori-pori.

5. Lidah buaya

Dengan menggunakan lidah buaya, Anda mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, serta mengencangkan kulit wajah.

Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat mengencangkan kulit wajah. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Dengan menghaluskan pepaya lalu menjadikannya sebagai masker selama 30 menit, akan membantu mengencangkan kulit wajah.

7. Avokad

Avokad bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena avokad banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Dengan alpukat, penyebab pori-pori membesar akan dibasmi sehingga kulit wajah akan mengencang. Haluskan satu buah avokad lalu gunakan sebagai masker wajah.

8. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk mengencangkan kulit wajah secara alami. Caranya mudah saja dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

3 dari 4 halaman

9. Stroberi

Ellagic yang ada dalam buah stroberi bagus untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga kulit wajah menjadi kencang. Cara mengencangkan kulit wajah secara alami dengan menggunakan strawberry adalah dengan menghaluskannya lalu campurkan dengan susu hingga mengental dan gunakan sebagai masker wajah.

10. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopene ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga kulit wajah tidak berkerut. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

11. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit serta menyingkirkan kulit mati pada wajah. Anti-oksidan yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus kentang yang telah direbus lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga. Mentimun juga berguna sebagai cara mengencangkan kulit wajah di bawah mata. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan mengiris mentimun tipis-tipis lalu tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih. Atau bisa juga dengan memarut mentimun dan ambil airnya. Lalu dengan menggunakan kapas, oleskan pada wajah.

13. Putih telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta sebagai cara cepat menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah yang kendur karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

4 dari 4 halaman

14. Susu

Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal, tidak berkerut, dan agar pori-pori wajah tidak membesar. Nah susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.

Caranya adalah dengan mencampur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu lalu jadikan masker wajah selama 30.

15. Yogurt

Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami sehingga pori-pori terlihat tidak nampak dan kulit wajah menjadi kencang.

Yang Anda perlukan agar adalah yogurt segar tanpa rasa yang kemudian digunakan sebagai masker wajah.

16. Teh hijau

Anti-oksidan yang terkandung pada teh hijau dapat menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga mengencangkan kulit wajah. Anda bisa menggunakan daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah. Jika Anda menggunakan daun teh, rendam dalam air panas selama 15 menit lalu oleskan air pada wajah. Jika dengan menggunakan bubuk, campurkan 1 sdm bubuk teh hijau tambahkan dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah.

17. Air rendaman beras

Ketika hendak menanak beras, jangan terburu-buru untuk membuang airnya. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengencangkan kulit wajah. Cukup biarkan air beras agar mengendap, lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

18. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan sebagai masker wajah.

19. Cuka apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

20. Madu

Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati serta mengencangkan wajah. Anda cukup mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Jadi, Anda ingin kembali memiliki kulit wajah yang kencang sehat berseri? Lakukan perawatan alami di atas secara teratur.

Artikel Selanjutnya
Harga Xiaomi 4x dan Xiaomi Redmi Note 4x, Hape Murah Spek Mumpuni!
Artikel Selanjutnya
Harga Motor Honda Terbaru dan Terlengkap 2018, Baru dan Bekas Ada!