Sukses

6 Fakta tentang Okinawa Jepang yang Perlu Anda Ketahui

Okinawa menawarkan sisi lain pariwisata Jepang. Simak 6 fakta tentang Okinawa.

Liputan6.com, Jakarta Okinawa merupakan gugusan pulau kecil yang ada di Barat daya Jepang. Gigusan yang terdiri dari 180 pulau ini menjadi tempat bagi 1,4 juta orang yang memegang teguh tradisi dan budaya mereka.

Ai Munakata, National Government Licensed Guide Interpreter Okinawa bahkan mengatakan, yang menarik secara geografis Okinawa terletak di sepanjang garis lintang yang sama dengan Hawaii. Tak heran jika banyak orang mengatakan, Okinawa adalah Hawaiinya Jepang.

"Okinawa punya iklim laut subtropis, itu hangat bahkan di musim dingin," ungkap Ai.

Akses Ada dua bandara di Okinawa, Bandara Naha dan Bandara Ishigaki dan terhubung dengan penerbangan langsung bukan hanya kota walikota di Jepang, tetapi juga ke Shanghai, Seoul, Hong Kong, Beijing, Bangkok, dan kota-kota di Asia Tenggara, termasuk Indonesia menggunakan pesawat Jetstar dengan transit terlebih dahulu ke Singapura. Dari pulau utama, wisatawan dapat mengunjungi semua pulau kecil menggunakan feri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah

Okinawa pernah menjadi Kerajaan independen yang memelihara kerjasama perdagangan dan berkembang dengan berbagai negara Asia Timur hingga Tenggara. Hal ini terjadi pada satu waktu setelah Perang Dunia II, berada di bawah administrasi Amerika Serikat.

Sepertinya pengalaman telah memberikan okinawa sejarah yang unik dari daerah lain di Jepang. Okinawa telah mengembangkan campurannya sendiri dari pengaruh budaya yang beragam oleh Cina, Jepang, dan negara-negara Asia lainnya.

Salah satu bukti otentik Okinawa memiliki sejarah yang kaya adalah adanya peninggalan, benteng lain yang merupakan tempat bagi Kerajaan Ryukyu hingga Kastil Nakijin yang berada di bagian utara Okinawa.

Kebudayaan

Punya sejarah panjang membuat orang-orang Okinawa punya budaya dan tradisi yang kaya, bahkan budaya yang berbeda dari kebanyakan orang Jepang yang cenderung modernis. Kerajaan Ryukyu misalnya, meninggalkan banyak budaya dan tradisi menarik yang sampai saat ini masih dipertahankan dan dikembangkan untuk menarik lebih banyak kunjungan wisata, antara lain seperti kerajinan bin gata atau seni lukis hingga beragam tarian tradisional.

Keindahan Alam

Punya iklim laut subtropis membuat Okinawa jadi tujuan wisata bahari Jepang yang paling terkenal. Berbeda dari wajah Jepang lain yang cenderung modern dan dipenuhi bangunan pencakar langit, Okinawa justru menjadi habitat asli bagi hewan dan tumbuhan, termasuk keindahan bawah laut yang masih terjaga. Ada lebih dari 250 jenis terumbu karang di bawah laut Okinawa, ini menjadi salah satu catatan yang terbesar di dunia. Tak heran jika kawasan ini terkenal sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di dunia.

 

3 dari 3 halaman

Kuliner

Tradisi Okinawa percaya, menikmati makanan sehat akan mengarah pada kehidupan yang sehat. Ini menjadi resep khusus mengapa orang-orang Okinawa rata-rata punya umur yang panjang. Makanan khas di Okinawa umumnya terdiri dari champura, campuran tumisan berbagai bahan termasuk tahu, daging, dan sayuran lainnya, serta hidangan yang mengandung banyak daging babi, rumput laut, dan ikan segar yang ditangkap di perairan setempat.

Masyarakatnya Berumur Panjang

Okinawa dikenal sebagai salah satu dari empat zona di dunia yang masyarakatnya punya kesempatan hidup lebih lama. Hal ini mengundang banyak orang untuk tahu lebih dalam apa rahasia di balik umur panjang orang Okinawa. Gaya hidup dan tradisi makanan sehat menjadi salah satu rahasianya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.