Sukses

Catat 4 Menu Sahur Praktis di Bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Berbagai persiapan untuk menyambut bulan ramadan tentu sudah dilakukan, salah satunya menyiapkan resep masakan andalan untuk sahur dan berbuka. Namun jika Anda merupakan anak kos dan tinggal seorang diri tentu persiapan ini menjadi lebih sulit karena jauh dari rumah dan orang tua.

Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya mencoba untuk memasak sendiri agar tetap dapat merasakan nikmatnya masakan rumah dengan resep dan peralatan memasak yang sederhana seperti rice cooker.

Bagi Anda yang ingin mencoba memasak di rumah, berikut referensi menu sahur praktis di bulan Ramadan dari Cookpad. Bisa dibuat oleh siapa pun bahkan yang tidak punya pengalaman memasak sebelumnya.

1. Sup

Selama bulan Ramadan jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran. Selain untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, agar saluran pencernaan lebih lancar yang bisa mencegah sembelit. Sayuran bisa dikonsumsi melalui tumis-tumisan, lalap atau dimasak dalam sup.

Sup menjadi salah satu makanan berkuah yang cocok untuk menu bulan Ramadan. Menu ini memiliki komposisi bahan dan cara pembuatan yang sederhana. Untuk menambah rasa gurih, Anda bisa menambahkan ayam dalam air rebusannya.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Pizza

2. Pizza

Kalau pizza adalah salah satu makanan favorit Anda tapi tidak memiliki oven di tempat kos, kini waktunya Anda berkreasi dengan membuat pizza menggunakan rice cooker. Siapkan toping favorit dan nikmati pizza buatan Anda bersama sahabat tercinta.

3 dari 4 halaman

Nasi

3. Nasi

Bagi orang Indonesia, nasi merupakan makanan pokok. Saat sahur, biasanya nasi tetap menjadi primadona karena kandungan karbohidrat dan gulanya dibutuhkan untuk memberikan energi dalam tubuh selama berpuasa. Memasak nasi menggunakan rice cooker memang sudah biasa.

Namun, untuk menambah variasi, kita bisa membuat nasi yang beraroma seperti nasi ulam, nasi uduk atau bahkan nasi goreng. Bahan dan bumbu yang diperlukan sangat sederhana sehingga akan sangat mudah untuk dibuat di kos-an.

4 dari 4 halaman

Bubur

4. Bubur

Sebagai alternatif jenis masakan, bubur sering dikonsumsi saat sarapan. Hal ini karena teksturnya yang lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh perut terutama bagi mereka yang tidak terbiasa sahur dengan menu nasi.

Bubur bisa dimasak menggunakan rice cooker. Sebagai toping, Anda bisa menambahkan abon pengganti ayam dan cakue yang dipotong kecil-kecil. Jangan lupa untuk menambahkan taburan seledri dan daun bawang, kecap dan saos sambal.