Sukses

Taman Mini Indonesia Indah Berinovasi demi Gaet Lebih Banyak Wisman

Data menunjukkan, tahun 2017 dari 2,5 juta wisman yang datang ke DKI Jakarta, hanya 100.000 wisman yang berkunjung ke TMII.

Liputan6.com, Jakarta Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) perlu ditingkatkan. Data menunjukkan, tahun 2017 dari 2,5 juta wisman yang datang ke DKI Jakarta, hanya 100.000 wisman yang berkunjung ke TMII. Menurut Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata Dwisuryo Indroyono Soesilo, kunjungan ke TMII tiap tahun seharusnya bisa tembus di angka 1,5 juta wisman.

Dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Senin (16/4/2018), didampingi Ketua Tim Percepatan Wisata Sejarah, Religi, Tradisi, dan Seni Budaya Kemenpar Tetty Arianto, dan Ketua Umum Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bambang, Indroyono Soesilo mengatakan, TMII itu miniatur Nusantara.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisman ke TMII adalah dengan menjadikan TMII sebagai destinasi wisata budaya bagi wisman cruise yang sekali merapat membawa sekitar 6 ribu wisman,” kata Indroyono Soesilo.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, Singapura Genting Dream yang membawa 6.000 wisman merapat ke Tanjung Priok, Jakarta, beberapa waktu lalu. TMII jadi destinasi budaya yang ideal untuk mereka kunjungi. Selain kunjungan wisman cruise, upaya lain adalah menjadikan sebagai destinasi wisata budaya untuk kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/Event) di Jakarta.

“Banyak kegiatan MICE di Jakarta kita coba tawarkan paket TMII, baik untuk pre dan post meeting,” kata Indroyono Soesilo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TMII Destinasi Budaya Paling Lengkap

Sementara itu Ketua Tim Percepatan Wisata Sejarah, Religi, Tradisi, dan Seni Budaya Kemenpar Tetty Arianto mengatakan, TMII  merupakan destinasi wisata budaya yang paling lengkap di Indonesia, yang dalam tujuh tahun ke depan akan memasuki usianya ke-50 atau menjadi cagar budaya Indonesia.

“Fokus kita saat ini adalah mempromosikan dan menjual paket TMII agar banyak dikunjungi wisman,” kata Tetty Arianto.

Salah satu upaya mempromosikan dan menjual paket TMII antara lain dengan menggandeng para pengelola taman rekreasi yang tergabung dalam PUTRI untuk berjualan bersama yang dikemas sebagai Expo ke-2 PUTRI dan akan berlangsung di Sasono Adiguno TMII pada 19-22 April 2018.

 

3 dari 3 halaman

Konsep yang Menarik

Selain itu dengan menggundang para tur operator, di antaranya belum lama ini dari Malaysia, berkunjung ke TMII.

”Para tur operator Malaysia terkagum-kabum dengan ‘kampoeng’ budaya TMII. Mereka akan membuat paket kunjungan ke TMII,” kata Tetty Arianto.

Ketua Umum Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bambang mengatakan, kegiatan utama dari Expo ke-2 PUTRI yang berlangsung di Sasono Adiguno TMII adalah table top yang mempertemukan 100 tour operator (buyers) dengan 30 pengelola taman rekreasi anggota PUTRI sebagai sellers. “Kita harapkan melalui kegiatan ini TMII semakin dikenal oleh tur operator serta mereka mau menjual paket kunjungan wisata budaya ke TMII,” kata Bambang.

TMII memiliki replika rumah adat tradisional dari seluruh Tanah Air dari Aceh hingga Papua yang mengambarkan seni budaya dan tradisi dari setiap provinsi di Indonesia. Selain itu memiliki taman flora dan fauna berupa taman anggrek, herba, taman bunga dan taman burung serta beberapa museum. TMII menjadi salah satu tujuan wisata keluarga dan menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini