Sukses

Siaran Tanpa Makeup, Newscaster Ini Tuai Pujian

Liputan6.com, Jakarta Kamady Rudd merupakan seorang newscaster atau pembawa berita di sebuah stasiun berita lokal di Michigan. Setiap pagi, Kamady Rudd harus bangun 2.30 pagi untuk pergi ke tempatnya bekerja. Ia pun memulai rutinitasnya sebagai reporter dengan makeup, seperti foundation, eyeshadow, eyeliner, bulu mata palsu, makeup alis, bedak kontur, blush, dan lipstik.

Kamady Rudd merasa bahwa makeup bukanlah pilihan sebagai persyaratan dalam pekerjaannya. Di mana pembawa berita wanita masih menghadapi tekanan untuk tampil cantik dalam segala situasi. Gagasan ini sudah ketinggalan jaman namun masih bertahan.

Baru-baru ini, Kamady Rudd menemukan sebuah studi tentang bagaimana penampilan perempuan mempengaruhi kompetensi yang dianggap dan menghasilkan sebuah rencana. Selama satu minggu, Kamady Rudd memutuskan untuk tidak merias dan menata rambutnya ketika siaran. Ia justru berharap adanya komentar yang negatif tentang penampilannya yang polos di TV.

"Hari pertama saya sedikit gugup. Saya bahkan menyebutkan bahwa saya tidak merias wajah ketika mewawancarai seorang komedian. Mereka bertingkah seolah tidak memperhatikan," kata Kamady Rudd kepada Glamour yang dikutip pada Selasa (27/2/2018).

1 dari 3 halaman

Justru dapat pujian

Penonton Kamady Rudd sebenarnya tidak peduli meski ia mengharapkan adanya penghinaan atas penampilan polosnya. Justru penampilan Kamady Rudd yang polos ini dipuji oleh seorang wanita di Facebook yang mengatakan "Kami menyukai energi Anda, tapi sepertinya Anda benar-benar lelah".

Akibat percobaan tersebut, Rudd merasa lebih percaya diri terhadap pandangan masyarakat tentang perempuan.

"Entah orang mengatakan bahwa mereka memperhatikan atau tidak, namun mereka mengakui dengan respon 'Dia tidak memakai makeup'. dan tetap siaran," tambah Kamady Rudd.

Sepanjang kariernya, penampilan Kamady telah menjadi negoisasi konstan antara dirinya, direktur berita, dan agen. Dalam penyiaran, pekerjaan Anda sering kali dikaitkan dengan penampilan. Menurut Kamady, penampilan tidak ada hubungannya dengan kualitas pekerjaan. Namun ia bangga dengan pekerjaan yang selama ini lakukan. Atasan dan agennya di kantor pun tidak masalah dengan penampilan polos Kamady.

2 dari 3 halaman

Eksperimen yang baik

Pembawa berita MSNBC dan koresponden NBC News, Katy Tur mendiskusikan arahan penyiar berita wanita tentang penampilan mereka. Ketika memulai pekerjaannya di dunia TV, Kamady Rudd diminta memotong rambut, berpakaian dengan cara tertentu, dan mengenakan riasan tertentu. Namun ia pun menyadari bahwa hingga Kamady memenuhi semua itu, ia tidak akan mendapatkan jam siaran.

Kini, direktur beritanya pun tidak memintanya untuk mengubah gaya rambut dan merias wajahnya. Kamady Rudd berharap wanita dapat melihat tidak perlu menggunakan makeup setiap waktu. Eksperimen yang dilakukan Kamady Rudd membantu memecahkan tekanan di mana wanita harus menjaga penampilannya, terutama bagi penyiar berita wanita.

"Saya benar-benar ingin membuktikan kepada diri sendiri bahwa saya dapat meliput sebuah cerita dengan banyak fokus pada kisah sebenarnya tanpa mengkhawatirkan penampilan. Saya ingin memastikan bahwa saya memberikan yang terbaik bagi banyak orang. Upaya terbaik yang bisa dilakukan adalah membuktikan bahwa pekerjaan yang kita lakukan lebih penting daripada penampilan. Apapun yang ingin Anda pakai seharusnya benar-benar menjadi pilihan bukan tekanan," tutup Kamady Rudd.

Artikel Selanjutnya
Keadaan Darurat? Lakukan Ini untuk Mengaplikasikan Makeup
Artikel Selanjutnya
Pakai Makeup ke Kantor, Gaji Bisa Lebih Tinggi?