Sukses

Pria Selalu Tidur Lebih Cepat? Ini Alasan Sebenarnya, Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Pria tidak hanya dikenal sebagai sosok pekerja keras, namun juga selalu tertidur lebih cepat, mengapa? Menurut Harvard Medical School, 60 persen wanita tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Dilansir dari thelist.com, Selasa (20/2/2018), para peneliti tidur pernah mendiskusikan alasan mengapa wanita memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dibandingkan kaum pria. Penasaran apa saja?

1. Hormon

Sistem reproduksi wanita mengalami perubahan besar sepanjang mereka berkembang dan perubahan tersebut mempengaruhi kebiasaan tidur. Hal ini biasanya terjadi ketika seorang wanita mulai mengalami siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause, sedangkan kaum pria tidak mengalaminya.

 

 

1 dari 3 halaman

Alasan mengapa pria lebih cepat tidur daripada wanita

2. Lebih banyak merasa khawatir

Alasan lain mengapa wanita memiliki waktu tidur yang kurang adalah karena emosi. Penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih sensitif secara emosional dan membuatnya tetap terjaga di malam hari.

Sensitif secara emosional tidak selalu diartikan sebagai sesuatu yang dramatis, namun mereka memiliki kemampuan untuk menyesuaikan emosi, dan membuat otak sulit berhenti bekerja pada malam hari. Ya, wanita cenderung merenungkan lebih banyak hal dibandingkan kaum pria.

2 dari 3 halaman

Alasan mengapa pria lebih cepat tidur daripada wanita

3. Wanita lebih banyak menggunakan otak mereka

Para peneliti di Duke University mempelajari kebiasaan tidur antara pria dan wanita. Kesimpulannya adalah wanita lebih memiliki waktu tidur yang lebih sedikit karena mereka lebih banyak menggunakan otak.

Salah satu fungsi utama dari tidur adalah membiarkan otak pulih dan memperbaiki dirinya sendiri. Semakin banyak otak digunakan di siang hari, semakin banyak yang harus dipulihkan saat tidur di malam hari.

Wanita terkenal sebagai makhluk yang multitasking, mereka dapat mengerjakan banyak hal dan fleksibel. Inilah mengapa mereka lebih banyak menggunakan otak dibandingkan kaum pria.

Artikel Selanjutnya
Manjakan Pelanggan, Bengkel Khusus Wanita Ini Sediakan Salon
Artikel Selanjutnya
6 Negara Paling Berbahaya Bagi Wanita, Ada yang Terbunuh Setiap 2 Jam