Sukses

Punya Hobi Baca Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memiliki hobi membaca tentu bukan hal yang sulit untuk berimajinasi dan membuat hidup lebih bahagia. Membaca dapat membuat pikiran Anda lebih tenang. Bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang baru pada tahun 2018 ini, membaca lebih banyak buku bisa menjadi salah satu pilihan.

Seperti dilansir dari situs Allwomenstalk, Jumat (12/1/2018), berikut beberapa cara membaca yang menyenangkan untuk membuat hidup Anda lebih bahagia.

1. Sediakan waktu khusus

Anda bisa menyiapkan waktu khusus untuk membaca. Waktu tersebut bisa saja pagi ketika bangun tidur atau malam hari sebelum Anda tidur sembari bersantai di tempat tidur. Jika Anda memiliki waktu kosong pada sore hari, membaca juga dapat dilakukan sambil menikmati secangkir teh.

Tidak perlu lama, karena Anda tetap harus melakukan aktivitas rutin, tentukanlah waktu membaca berkisar 15 - 30 menit. Anda bisa menjadwalkan waktu membaca dengan baik. Lakukan ini secara konsisten dan terus-menerus sehingga menjadi kebiasaan dan membuat hidup Anda lebih bahagia.

2. Membaca saat Anda di perjalanan

Saat perjalanan menuju sekolah atau kantor Anda dapat mengeluarkan buku favorit Anda dan membacanya. Selain membuat perjalanan terasa menyenangkan, Anda bisa memaksimalkan waktu dengan memanfaatkannya untuk hal yang produktif seperti membaca buku.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Hobi membaca bikin bahagia

3. Membaca saat menunggu

Jika Anda selalu membawa buku ke mana pun Anda pergi, hal ini sudah menjadi hal yang positif. Saat Anda menunggu sesuatu bukalah buku Anda dan membacannya. Menunggu tidak lagi menjadi hal yang membosankan.

4. Tentukan target membaca

Selain untuk memberikan efek relaksasi, Anda juga harus menentukan target membaca. Berapa banyak buku yang bisa Anda selesaikan dalam satu bulan. Hal ini dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi diri Anda.

3 dari 3 halaman

Hobi membaca bikin bahagia

5. Membaca hal-hal yang Anda sukai

Hal yang paling penting adalah menemukan jenis buku yang Anda sukai. Membaca buku favorit, tentu membuat Anda tidak bosan untuk terus-menerus membacanya. Seiring berjalannya kebiasaan membaca ini, Anda akan menemukan jenis buku seperti apa yang menjadi paling favorit.

6. Lakukan variasi

Anda tidak harus membaca hanya satu jenis buku. Lakukan variasi bacaan agar lebih menyenangkan. Saat Anda mulai bosan dengan bacaan yang berat, ada baiknya untuk beralih sebentar dengan bacaan yang lebih ringan. Selamat membaca.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Rekomendasi Anggaran yang Masuk Akal untuk Hobi Suami