Sukses

4 Hal Penting yang Wajib Diutarakan Saat Meminta Maaf

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil, kita tentu diajarkan untuk melakukan hal-hal baik. Akan tetapi, umumnya manusia tak luput dari kesalahan dan meminta maaf. Pertayaannya, apakah meminta maaf merupakan sekadar tindakan mengucap kata “maaf”? Tentu tidaklah demikian. Lalu, hal apa yang saja yang perlu Anda perhatikan dalam meminta maaf?

Melansir halaman Your Tango pada Rabu (27/12/17), berikut ini adalah empat hal penting yang perlu diutarakan saat meminta maaf.

Akui kesalahan

Permintaan maaf yang Anda ucapkan tentu berkaitan dengan kesalahan tertentu. Mengakui bahwa Anda telah melakukan kesalahan tersebut adalah hal yang penting dalam proses meminta maaf. Ini adalah sikap yang membuat permintaan maaf Anda memiliki makna yang tulus. Selain itu, sampaikan juga maaf untuk akibat-akibat yang timbul pada diri korban atas kesalahan yang Anda buat. Menyampaikan empati pada kondisi korban dan apa yang ia rasakan juga penting.

Jelaskan penyebabnya

Setelah Anda mengakui bahwa tindakan Anda adalah hal yang salah, jelaskan pada korban kenapa hal itu terjadi. Sampaikan penjelasan yang jujur dan bukan mencari alasan sebagai pembenaran. Dengan memberi penjelasan, korban pun punya gambaran yang lebih jelas atas apa yang sebenarnya terjadi padanya.

 

1 dari 3 halaman

Tunjukkan penyesalan

 

Tak ada yang lebih buruk dari permintaan maaf yang terdengar tak tulus atau seperti dipaksakan. Ketulusan maaf Anda bisa tampak dari apa yang Anda rasakan, lebih tepatnya adalah rasa penyesalan. Rasa penyesalan bisa mengindikasikan dua hal, yakni bahwa Anda tahu bahwa yang Anda lakukan adalah sebuah kesalahan dan Anda menyesal melakukannya. Tak hanya itu, Anda turut merasa sangat bersalah dan menderita atas dampak yang ditimbulkan.

 

 

2 dari 3 halaman

Berikan solusi

Ilustrasi Hubungan Pertemanan (iStockphoto)

Selain mengakui kesalahan dan mengekspresikan penyesalan, permintaan maaf Anda akan tak cukup berguna bila tak diiringi dengan solusi. Ini adalah segi tanggung jawab dalam permintaan maaf. Ketimbang hanya berjanji bahwa hal serupa tak akan Anda lakukan kembali, solusi dan menyelesaikan masalah dengan tuntas akan lebih baik.

Bio In God Bless

Artikel Selanjutnya
Plagiat Konten Video, Atta Halilintar Sebut Itu Kesalahan Editor
Artikel Selanjutnya
Sebut Faisal Harris Jenguk Jennifer Dunn Tiap Malam, Sarita Minta Maaf