Sukses

Seperti Ini Perayaan Hari Ibu di Seluruh Dunia

Sambut Hari Ibu, ini momen perayaan Hari Ibu di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Hari Ibu merupakan sebuah peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam sebuah keluarga. Setiap negara di dunia memiliki tanggal khusus untuk memperingatinya. Di Indonesia sendiri hari ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember yang ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk merayakannya. Biasanya para ibu dibebas tugaskan dari kegaiatan rumah tangga mereka seperti memasak, merawat anak dan lainnya pada hari Ibu tersebut.

Lalu sebenarnya seperti apa negara-negara di dunia merayakan momen ini? Dilansir dari halaman Time, berikut beberapa perayaan yang dilakukan oleh beberapa negara untuk memperingati Hari Ibu.

Prancis

Di Prancis hari ibu biasanya diperingati pada hari Minggu keempat di bulan Mei. Hampir mirip dengan Amerika, masyarakat Prancis akan merayakannya dengan kartu ucapan yang indah, karangan bunga dan makan malam keluarga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inggris

Perayaan Hari Ibu di Inggris akan diadakan pada hari minggu ke empat Prapaskah yang disebut dengan Mothering Sunday.

Pada awal abad ke-20 para keluarga di sana akan berkumpul di gereja. Akan tetapi lama-kelamaan perayaan ini hanya dilakukan di rumah dengan memberikan hadiah kepada ibu mereka.

India

Perayaan hari ibu di negara ini masih terbilang baru. Hari ibu akan diperingati pada hari minggu kedua pada bulan Mei, di mana para ibu akan dihujani bunga yang indah, kartu ucapan dan hadiah.

 

3 dari 4 halaman

Jepang

Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

Pada awalnya, hari ibu di Jepang diselaraskan dengan hari ulang tahun permaisuri Koujun yang menjabat hampir sepanjang abad ke 20. Namun setelah itu, peringatan hari Ibu dipindahkan pada Minggu kedua di bulan Mei. Lebih dari 1.000 pria dewasa di Jepang akan merencanakan untuk memberikan sesuatu yang spesial kepada ibu mereka.

Rusia

Pada awalnya, hari ibu di negara ini di rayakan bertepatan pada Hari Perempuan Internasional yakni pada tanggal 8 Maret. Perayaan tersebut dilakukan untuk menghormati wanita dan kesetaraan gender. Akan tetapi pada tahun 1998, hari ibu dirayakan pada hari Minggu terakhir pada bulan November, di mana para keluarga akan menyiapkan kado-kado menarik untuk ibu mereka.

 

4 dari 4 halaman

Thailand

 

Happy Mother's Day!!! This is the day we look forward to every year. We know celebrating moms is something that should be done year round, but today we take it to another level. All the hard work that goes unnoticed, all the embarrassingly big hugs and kisses that go too noticed when we're growing up, and everything in between. Thank you, Mom. For everything. We hope anyone looking to support the role of motherhood in society considers joining the Mother's Day Fund today, because for just 10$ a month, you can sustain & create a mothers who change the world with their compassion & strength. Check out the link in our profile to learn more! #mumstheword #mothersdayfund #familyiseverything #adoptionrocks #lovemom #mom #momlife #celebratemom

Sebuah kiriman dibagikan oleh MOTHER'S DAY (@mothersday) pada

 Di Thailand, hari ibu akan diperingati pada tanggal 12 Agustus setiap tahunnya. Akan ada upacara dan parade meriah yang dilengkapi dengan rangkaian bunga melati sebagai hadiah.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • ibu