Sukses

Merasakan Sensasi Mengejutkan Pisang Epe Rasa Durian

Liputan6.com, Jakarta Pisang Epe, merupakan kuliner yang terkenal dari Makassar dan biasa dijajakan di berbagai tempat wisata di Sulawesi Selatan. Namun apa jadinya bila Pisang Epe yang punya rasa pisang panggang, berubah menjadi durian di atas piring Anda?

Salah satu pedagang Pisang Epe, Rahma, yang biasa berdagang di Pantai Losari, Makassar. Menuturkan ada cara khusus untuk menyajikan Pisang Epe Durian. PIsang Kepok yang biasanya menjadi bahan Pisang Epe, sebelumnya harus dibersihkan dan dipanggang di atas arang.

Setelah berwarna kecokelatan, pisang kemudian dipipihkan dengan alat penghimpit yang dibuat dari dua balok kayu yang cukup tebal. Pisang Epe yang pipih bisa disajikan setelah disiram bumbu rahasia sehingga memiliki rasa durian.

“Rasa durian itu didapatkan dengan cara merendam daging durian ke dalam larutan gula merah yang sudah dicairkan. Gula merah yang digunakan juga khusus didatangkan dengan Malino, yang hanya memiliki rasa manis dan wangi,” ujar Rahma.

Malino yang berada 90 kilometer dari Kota Makassar sendiri terkenal sebagai pusat pembuatan gula aren yang alami. Gula ini sendiri memiliki tekstur yang cukup lembut, harum yang terasa gurih dan tingkat kemanisan yang tinggi.

Hasilnya, perpaduan rasa Pisang Epe Durian ini memiliki tingkat manis yang luar biasa. Tentunya rasa manis ini juga memberikan sensasi durian lewat bau dan rasa ketika menikmati hangatnya Pisang Epe. Tentunya Pisang Epe Durian ini sayang bila Anda lewatkan ketika berkunjung ke Kota Makassar.

Lindsay Lohan Kembali Berkarya Lewat Lagu Back To Me
Loading