Sukses

7 Cara Menghindari Kelebihan Bagasi Pesawat Saat Traveling

Tak ingin membayar kelebihan bagasi pesawat saat traveling? Intip 7 tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Menunggu antrean check-in tiket pesawat terbang saat hendak traveling memang membosankan, tapi membayar biaya kelebihan bagasi pesawat jelas menyebalkan. Sudah mengantre lama lalu kena denda pula. Walaupun biaya kelebihan bagasi pesawat tidak terlalu mahal menurut Anda, tapi tetap saja itu biaya ekstra yang harus dikeluarkan.

Besar atau tidaknya biaya tersebut juga akan tergantung kepada jarak perjalanan traveling Anda. Agar terhindar dari biaya bagasi pesawat, coba lakukan 7 tips dari DuitPintar.com berikut ini

Gunakan koper yang ringan
Jangan tergoda merek atau desain koper yang keren. Ketika Anda membeli koper, pilih koper yang ringan. Kalau Anda menemukan koper dengan merek favorit tapi bobotnya terlalu berat walau dalam keadaan kosong, lebih baik cari yang lain.

Bawa tas jinjing besar
Tas jinjing juga bisa jadi solusi untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat. Simpan saja barang-barang ringan Anda dalam tas jinjing tersebut. Tas jinjing jelas bobotnya lebih ringan dibandingkan koper.

Gunakan rompi dengan banyak saku
Rompi dengan banyak saku dapat menyimpan kamera, paspor, kacamata, atau music player. Rompi jauh lebih efisien ketimbang membawa tas selempang kecil.

Beli tiket dengan kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai
Kenapa harus beli tiket dengan kartu kredit? Karena ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika bepergian dengan pesawat. Kartu kredit khusus travel biasanya menjalin kerja sama dengan maskapai. Dan biasanya, ada ekstra bagasi yang diberikan sebagai bagian dari keuntungan menggunakan kartu kredit tersebut.

Bawa pakaian sesuai dengan musim di tempat tujuan
Jangan berlebihan membawa baju. Bawa saja yang sesuai dengan musim di kota atau negara yang akan Anda sambangi. Kalau Anda pergi untuk berwisata ke pantai, ya tidak perlu membawa baju musim dingin. Begitu pun sebaliknya.

Usahakan bawa perlengkapan mandi dalam bentuk sachet
Kalau memang hanya traveling 3 atau 4 hari, bawa saja sampo dalam kemasan sachet. Membawa sampo atau sabun dalam kemasan botol justru lebih berat dan kurang praktis. Jangan lupa, hotel juga selalu menyediakan perlengkapan mandi. Kecuali Anda berencana menginap di rumah saudara atau kerabat.

Kirim oleh-oleh dengan pos
Ketika pulang, tak jarang dari kita yang membawa oleh-oleh, bukan? Daripada oleh-oleh itu menambah beban bagasi, lebih baik dikirim saja dengan pos atau jasa pengiriman lain.

Dengan begini, Anda tak perlu repot-repot membawa kardus oleh-oleh ke bandara. Membawa terlalu banyak barang ke pesawat juga tak nyaman pastinya.
Sebelum mengirim oleh-oleh, pastikan Anda sudah memperhitungkan biaya kirimnya. Perhatikan juga kapan oleh-oleh itu akan sampai.

Pada intinya, jangan sampai perjalanan traveling menjadi terganggu karena barang-barang yang seharusnya tak perlu dibawa. Selain merepotkan, barang-barang itu justru bisa menyebabkan adanya biaya kelebihan bagasi pesawat. Bawalah barang seperlunya dan coba tekan biaya perjalanan dengan menemukan referensi kartu kredit travel terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini