Sukses

Tips Menggelar sebuah Pesta Pernikahan dengan Tamu Terbatas

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang pesta pernikahan, setiap pasangan tentu memiliki gayanya sendiri-sendiri. Ada yang mengidamkan penyelenggaraan pesta megah. Ada pula yang lebih suka menggelar resepsi pernikahan sederhana dan intim, dengan hanya dihadiri orang-orang terdekat.

Intimate wedding akan menyediakan lebih banyak waktu bagi pasangan pengantin untuk berinteraksi dengan para tamu, menciptakan suasana yang lebih akrab, serta mempersilakan setiap orang yang hadir ikut berkontribusi pada acara dengan cara mereka masing-masing. Karena alasan itulah tren pesta pernikahan yang intim makin digemari oleh calon pengantin.

Meski berskala kecil, sebuah perayaan pernikahan yang intim juga memerlukan persiapan yang matang, berikut tip dan trik yang bisa diikuti:

Susun anggaran semaksimal mungkin

Menyelenggarakan intimate wedding akan membuat Anda lebih memilih untuk melakukan four-course dinner untuk 50 orang ketimbang menyediakan buffet dan suvenir untuk 100 orang.

Beberapa pasangan pengantin bahkan rela memangkas daftar tamu sebanyak mungkin agar bisa memaksimalkan anggaran mereka. Pilihannya antara: mengundang 150 tamu atau memangkas setengah jumlah tamu dan menggalihkan anggarannya untuk mewujudkan segala hal yang menjadi impian Anda.

Perlakukan tamu dengan baik

Pesta pernikahan yang kecil akan memberikan kesempatan untuk all out. Anda dapat memberikan pelayanan lebih ekstra kepada para tamu. Misal menyediakan penginapan yang bagus, menyediakan transportasi selama proses pernikahan, memastikan mereka tidak kelaparan sepanjang hari, hingga memberikan hadiah ucapan terima kasih atau welcome bags. Hal ini penting karena segelintir orang inilah yang telah Anda pilih untuk merayakan hari bahagia Anda, maka penting untuk menunjukkan apresiasi Anda dengan memberi pengalaman yang terbaik.

Perhatikan hal-hal detail

Pasangan yang memilih intimate wedding biasanya tidak akan menggunakan jasa wedding organizer. Tapi ingat, lebih kecil bukan berarti lebih simpel. Pesta pernikahan yang kecil akan membuat setiap detail sangat diperhatikan. Jadi pastikan setiap hal sudah dipersiapkan dengan seksama dan sedetail mungkin. Jika memang perlu bantuan, menyewa jasa wedding organizer bukanlah sebuah ide yang buruk.

Buat pesta yang seru

Mungkin ini alasan terbaik dari menyelenggarakan pesta lebih kecil, jumlah orang yang lebih sedikit di tempat resepsi akan mempermudah Anda untuk membuat mereka ikut serta dalam segala acara yang direncanakan. Prosesi pun bisa dibuat menjadi unik dan tidak seperti biasanya. Misal, mengajak mereka berdiri dan mengelilingan Anda dan pasangan saat mengucap janji, meminta tamu untuk membacakan doa atau kesan-pesan pada saat resepsi dilakukan.

Batasi daftar tamu

Tidak ingin tenggelam dalam lautan tamu dengan wajahnya tidak dikenali saat pesta pernikahan? Membatasi jumlah tamu dan menyelenggarakan pesta yang lebih kecil dengan nuansa lebih intim merupakan pilihan yang tepat.

Bonus, jumlah tamu yang sedikit akan memperbanyak pilihan Anda dalam menentukan lokasi resepsi yang lebih kreatif, seperti hutan lindung, restoran yang unik, cafe dengan taman dan pemandangan yang cantik.

Tapi kesulitan terbesarnya, keluarga biasanya akan protes ketika mereka diminta memangkas porsi undangan. Dan hal yang sama berlaku untuk Anda dan pasangan juga.

Ini bukanlah perkara mudah, sebab kita perlu menjelaskan satu per satu kepada para teman yang sudah berharap datang ke pesta pernikahan tetapi tidak mendapatkan undangan. Berikan pengertian bahwa yang terpenting adalah doa yang mereka berikan, mesti tanpa kehadiran mereka.

Bridestory.com