Sukses

Ingin Berlibur dan Traveling Saat Hamil? Perhatikan 6 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda ibu hamil yang mungkin diharuskan untuk mengurangi segala rutinitas yang biasa Anda lakukan, jangan khawatir ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar rutinitas tetap dapat berjalan seperti biasa. Salah satunya dalam hal pergi liburan atau traveling, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selain untuk menjaga diri Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan, juga harus menjamin keamanan calon bayi yang sedang Anda kandung.

Seperti yang dilansir dari Lonelyplanet, pada Selasa (6/12/2016), inilah hal-hal yang harus diperhatikan bagi ibu hamil saat ingin pergi berlibur atau traveling.

1. Pemeriksaan kesehatan
Setiap wanita yang sedang hamil wajib memeriksakan diri ke dokter sebelum melakukan perjalanan jauh. Dokter akan mampu memberi nasihat tentang obat yang dapat Anda konsumsi pada saat berlibur dan apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit yang dapat mengancam Anda dan kandungan Anda.

2 dari 3 halaman

Asuransi

2. Asuransi
Ketentuan kebijakan dalam asuransi dapat bervariasi tergantung perusahaan asuransi yang Anda pilih. Di Eropa, sebagian besar kebijakan asuransi akan melindungi Anda ketika Anda sedang hamil, dan akan membantu mengatasi segala masalah yang terjadi saat kehamilan. Tetapi di Australia, misalnya, tidak ada penyedia asuransi yang mencakup wanita hamil dalam asuransi mereka. Maka dari itu, pastikan asuransi yang Anda pakai dapat membantu masalah pada kehamilan Anda ketika Anda sedang berlibur.

3. Penerbangan
Banyak maskapai penerbangan yang akan melakukan perlakuan berbeda kepada ibu hamil, tetapi ada juga maskapai yang tidak. Biasanya setelah kehamilan Anda sudah melewati usia 28 minggu, beberapa maskapai akan meminta surat dari dokter sebagai rekomendasi keamanan kandungan Anda selama penerbangan.

3 dari 3 halaman

Makanan

4. Makanan
Saat akan memesan makanan di restoran, pastikan Anda tahu apakah itu akan berbahaya bagi Anda dan bayi Anda, Anda harus meminta dokter atau orang yang sudah pernah hamil sebelumnya untuk tahu apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi. Anda juga bisa menanyakan kepada pegawai restoran tentang bahan apa saja yang terkandung dalam makanan yang mereka sajikan.

5. Aktivitas
Ketika hamil bukan berarti Anda tidak bisa menikmati atraksi yang disediakan ketika Anda berlibur, Anda dapat berenang, snorkeling dan hiking ringan ketika Anda liburan. Tetapi, pastikan untuk tidak terlalu lelah ketika Anda melakukan aktivitas saat liburan. Ingat, Anda sedang hamil, jangan samakan dengan ketika Anda sedang tidak hamil.

6. Pakaian
Pakaian yang terpenting saat Anda berlibur saat sedang hamil adalah bukan yang membuat Anda terlihat cantik, tetapi Anda harus memakai pakaian yang membuat Anda sangat nyaman sehingga pergerakan Anda selama liburan dan traveling tidak terganggu. Pakaian yang lebar dan terbuat dari bahan yang lentur sangat disarankan untuk Anda yang akan berlibur saat hamil.

(Achmad Rully P)