Sukses

7 Tips Sederhana Menghemat Uang Saat Traveling

Traveling saat high season memang cukup menguras dompet. Tapi, dengan 7 tips sederhana ini Anda bisa menghemat uang saat traveling.

Liputan6.com, Jakarta Liburan Natal dan akhir tahun sudah di depan mata. Ada bisa merencanakan traveling saat liburan dengan cara yang lebih hemat. Tujug tips sederhana ini akan membantu Anda untuk menghemat uang saat traveling, termasuk saat berpergian ke luar negeri. 

Seperti dilansir dari laman brightside, Senin (21/11/2016), berikut hal yang perlu diperhatikan agar bisa menghemat anggaran liburan di saat high season seperti libur Natal dan libur tahun baru.

1. Perencanaan
Traveling tanpa perencanaan hanya cocok jika dilakukan pada saat low season, artinya di saat kebanyakan orang tidak melakukan hal yang sama. Karena saat itulah hotel dan maskapai penerbangan memberikan diskon besar-besaran. Berbeda ketika Anda liburan saat high season. Semua hotel dan tiket pesawat dipastikan lebih mahal dari biasanya.

Tapi, Anda tetap bisa liburan hemat meskipun saat high season. Kuncinya adalah dalam perencanaan. Cari informasi sebanyak-banyaknya wisata gratis, review hotel murah terbaik hingga restoran yang memberikan potongan harga khusus saat liburan di tempat yang Anda tuju. Semua bisa dilakukan dengan perencanaan yang baik.

2. Terbang ke Bandara terdekat
Harga tiket pesawat ke kota tujuan paling populer biasanya meningkat. Tak perlu khawatir karena Anda bisa memilih kota terdekat yang bisa dijangkau tetap dengan pesawat. Selain lebih murah, Anda bisa menyambungnya melalui jalur darat. Sebagai bonus, Anda bisa mendapatkan tambahan pengalaman wisata yang berbeda.

3. Ambil Penerbangan Paling Pagi atau Paling Malam

Ambil penerbangan yang jarang dipilih

Meskipun harus bangun pagi dan tidur telat, tapi penerbangan paling pagi dan penerbangan paling malam cenderung tidak terlalu banyak dipilih oleh penumpang. Wisatawan biasanya ingin berangkat sedikit lebih siang dan tidak terlalu sore. Anda tetap bisa menabung tidur saat dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang.

4. Tukar mata uang asing via ATM
Tempat Penukaran uang di bandara tujuan terkadang tidak lebih murah jika Anda mengambil uang di ATM. Bank menggunakan kurs real time sehingga selisihnya bisa lebih murah. Bank akan mengkonversi mata uang asing sesuai dengan jumlah uang yang Anda butuhkan.

5. Makan siang lebih penting dari makan malam
Ketahuilah bahwa restoran di tempat wisata selalu penuh pada saat makan malam. Tak heran jika beberapa restoran di luar negeri selalu memberikan potongan harga untuk makan siang. Jangan malu untuk bertanya tentang potongan harga makanan.

6. Cari kuliner lokal 

Kuliner Pedas Thailand Tom Yum Goong (safereating.co.uk)

Tak harus selalu makan di restoran mahal. Banyak kuliner kaki lima di pinggir jalan yang menyajikan kuliner tak kalah lezat dengan harga bersahabat. Namun, pastikan kebersihannya terlebih dahulu agar Anda tidak sakit perut setelahnya.

7. Gunakan diskon tiket pesawat
Pastikan berburu tiket pesawat murah dari Online Travel Agent terpercaya seperti Reservasi.com yang memberikan promo tiket pesawat dan hotel terbaik setiap harinya. Anda bisa mendapatkan diskon mulai dari 10 persen hingga 1 juta rupiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini