Sukses

Mengubah Hidup Lebih Baik dari Diri Sendiri, Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Coba diingat, kapan terakhir kali Anda menyisakan sedikit waktu untuk diri sendiri? Kapan terakhir kali Anda memberi tanda di kalender untuk melakukan apapun yang Anda cintai?

Jika Anda tidak pernah melakukannya, ini kabar buruk, karena terlalu lama bekerja dapat menyebabkan stres, bahkan gangguan emosional.

Namun jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa ritual sederhana yang bisa Anda selipkan dalam kegiatan sehari-hari, untuk menjaga keseimbangan hidup Anda, seperti dilansir dari mydomaine.com, Selasa (15/11/2016).

1. Menulis jurnal
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, menulis adalah kegiatan yang ekspresif untuk kesehatan fisik dan emosional Anda. Cobalah untuk menulis selama 15 sampai 20, 3 sampai 5 bulan secara rutin, maka Anda merasakan perbedaan nyatanya.

2. Jadwalkan waktu untuk diri sendiri
Ya, di tengah semua kesibukan yang Anda miliki, sempatkan untuk menikmati beberapa hari bagi diri Anda sendiri. Matikan seluruh alat komunikasi dan lakukan hal-hal yang dapat membuat Anda merasa bahagia.

3. Menggosok kulit tubuh dalam keadaan kering
Ini adalah cara yang baik untuk menjaga sirkulasi darah, mengangkat sel kulit mati, dan menghilangkan racun dari seluruh tubuh. Mulailah dari tubuh bagian atas ke bawah atau sebaliknya.

4. Praktikkan pertolongan pertama emosional
Jika Anda merasakan sakit fisik, apa yang pertama kali Anda lakukan? Minum obat? Minum vitamin? Bagaimana jika ada gangguan pada mental Anda? Seberapa sering Anda menyadari kesehatan psikologis diri sendiri?
Satu hal yang dapat dilakukan semua orang, walaupun memang tidak mudah adalah mengalihkan perhatian dari rasa sakit hati yang dirasakan.

5. Melakukan peregangan
Telah dibuktikan pada beberapa penelitian bahwa yoga memiliki banyak manfaat baik bagi Anda. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan waktu, cukup lakukan peregangan sederhana ketika Anda akan tidur di malam hari dan ketika bangun di pagi hari.
Peregangan ini akan mempengaruhi kebahagiaan Anda sepanjang hari.

6. Berjalan-jalan tanpa alas kaki
Cara ini dapat menimbulkan perasaan bahagia. Ilmu pengetahuan berhasil membuktikan bahwa cara ini dapat melepaskan berbagai ion negatif dan radikal bebas dari dalam tubuh.

7. Latihan pernapasan
Ini adalah suatu praktik meditasi dengan latihan pernapasan sederhana untuk meningkatkan kesehatan mental, fisik, dan spiritual.
Meditasi ini berfungsi untuk menggerakkan berbagai energi yang terjebak oleh keyakinan yang terbatasi dan penyumbatan emosional.