Sukses

Takut Lupa atau Kehilangan? Gunakan Digital Boarding Pass

Seperti apa cara kerja dan keuntungan digital boarding pass? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini hampir semua hal serba digital, semua semakin mudah dan instan, termasuk boarding pass. Wisatawan diharapkan tidak perlu lagi membawa-bawa kertas boarding pass saat hendak naik pesawat. Di bawah program percontohan yang diprakarsai oleh U.S. Transportation Security Administration, Anda dapat mengunduh boarding pass langsung pada gadget Anda.

Yang Anda butuhkan hanya sebuah ponsel yang terhubung dengan internet dan dilengkapi dengan kamera serta pembaca QR code. Boarding pass digital akan mempermudah proses dan prosedur keamanan di bandara.

Boarding pass digital dapat didapatkan ketika sebuah penerbangan yang mengikuti program ini, mengirimkan email ke ponsel Anda. Email yang berisi link ke QR Code memiliki informasi penerbangan Anda.

Boarding pass digital berisikan nama dan informasi penerbangan Anda. Ketika Anda tiba di pos pemeriksaan keamanan, screener keamanan akan melihat QR code pada perangkat mobile Anda dengan scanner. Anda hanya perlu menunjukkan paspor atau kartu tanda penduduk sebagai tanda pengenal. Ketika pesawat siap untuk boarding, petugas akan kembali memeriksa QR Code sebelum mengizinkan Anda untuk naik ke pesawat.

Meskipun demikian, masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh boarding pass digital ini, seperti masalah pada scanner milik petugas yang tidak dapat membaca QR Code. Jika itu teradi, pihak penerbangan harus memberikan kertas boarding pass seperti biasa pada penumpang. Namun dengan teknologi yang makin canggih seperti sekarang, diharapkan kemungkinan terjadinya kendala sangat kecil.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.