Sukses

6 Aturan Penting yang Tidak Boleh Anda Lupakan Jika Ingin Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering melihat orang lain tampak lebih bahagia dibanding diri sendiri?

Jika melihat media sosial, rasanya semua orang mengalami hari-hari yang menyenangkan, sedangkan Anda hanya berusaha mati-matian untuk melaluinya dan pulang dengan kelelahan.

Tanpa Anda sadari sekali pun, hal ini dapat merebut kebahagiaan dan membuat diri Anda frustasi. Kabar baiknya, Anda dapat mengendalikan situasi ini dengan mengubah cara berpikir Anda sendiri.

Dilansir dari lifehack.org, Kamis (22/9/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang harus selalu Anda ingat untuk menjadi pribadi yang bahagia.

1. Fokus mengembangkan diri sendiri
Jangan pernah terpaku pada keberhasilan orang lain, fokuslah pada kemajuan dan perkembangan diri Anda sendiri.
Sangat mudah untuk merasa iri terhadap orang lain hanya dengan melihat permukaannya saja.
Ketika Anda fokus pada diri sendiri, Anda akan berupaya untuk membuat kemajuan setiap harinya. Curahkan semua energi untuk memperbaiki diri sendiri, sehingga ada saatnya nanti ketika prestasi dan tujuan orang lain tidak lagi penting untuk Anda.

2. Perasaan dihargai paling penting berasal dari diri sendiri
Kebanyakan orang akan memberikan respon negatif ketika tahu Anda melakukan hal yang tidak populer. Namun, berapa banyak Anda membiarkan pendapat orang lain mempengaruhi Anda?
Anda bertanggung jawab terhadap perasaan diri sendiri, jadi lakukan apapun yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain, terlepas dari apa yang mereka pikirkan.
Jika Anda yakin melakukan sesuatu, orang lain yang melihat hal tersebut juga akan memiliki keyakinan yang sama.

2 dari 3 halaman

Buat keputusan secara sadar

3. Buat keputusan secara sadar untuk bahagia
Kebahagiaan berasal dari latihan bersyukur. Hal-hal tidak selalu berjalan sesuai keinginan Anda, namun pada saat yang sama, hal yang tampak buruk di awal, dapat menjadi berkah di kemudian hari.
Akui bahwa Anda sedang berada dalam sebuah perjalanan untuk menemui setiap kebaikan dan kesulitan untuk diterima dan dihadapi.

4. Berhenti bergantung pada masa lalu
Setiap orang memiliki saat-saat menyakitkan di masa lalu, namun jika Anda ingin bahagia, Anda harus tahu bagaimana berurusan dengan masa lalu Anda sendiri.
Masa lalu dapat melumpuhkan kemampuan Anda untuk bergerak maju. Sedangkan kebahagiaan mengambil bentuk yang berbeda dan ia akan muncul ketika Anda menginginkannya.
Hiduplah, putuskan apa yang akan Anda lakukan dan dengan siapa Anda ingin bersama.

3 dari 3 halaman

Bersama dengan orang-orang positif

5. Dekatkan diri dengan orang-orang positif yang mendukung
Orang-orang terdekat akan mempengaruhi diri Anda, maka pilihlah dengan baik orang-orang terdekat Anda.
Lebih baik sendirian, daripada bersama orang-orang yang hanya akan membuat Anda merasa buruk. Namun, ini bukan berarti Anda harus mengalami kesepian.
Gunakan waktu Anda untuk memperbaiki diri sendiri dan dekatkan diri dengan hal-hal yang positif, sehingga lama kelamaan akan menjadi kebiasaan baru bagi Anda sendiri.

6. Jujur
Terkadang memang terlalu menakutkan untuk mengatakan hal secara jujur. Namun di sisi lain, berkata jujur juga bisa membebaskan diri Anda.
Hidup dengan pilihan dan berjuang pada apa yang Anda percaya.