Sukses

Ini Perbedaan Umur Ideal dalam Hubungan Asmara

Ingin tahu perbedaan umur yang ideal dalam sebuah hubungan asmara? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bilang, umur bukan masalah dalam sebuah hubungan asmara. Namun tak sedikit yang berkata, perbedaan umur yang jauh, hanya akan berakhir dengan tetesan air mata, benarkah?

Seperti dilansir dari Cosmopolitan.com, Selasa (6/9/2016), studi yang dilakukan oleh Emory University in Atlanta menunjukkan, ternyata terdapat selisih umur ideal yang membuat sebuah hubungan bertahan lama.

Studi tersebut meneliti 3.000 orang, dan mendapatkan hasil bahwa lebih banyak selisih umur sebuah pasangan, lebih tinggi pula risiko putus hubungan. Namun, ini semua hanya berdasarkan pola. Karena faktor lain seperti konflik dan tujuan hidup yang berbeda juga menjadi penyebab putusnya hubungan asmara.

Penelitian menemukan, pasangan yang memiliki selisih umur 5 tahun, mempunyai risiko 18% lebih tinggi dibandingkan dengan pasangan berumur sama. Persentase bertambah ke angka 39% untuk pasangan dengan selisih umur 10 tahun. Sedangkan pasangan berselisih 20 tahun, memiliki kemungkinan berpisah sebesar 95%.

Peneliti menyimpulkan, bahwa selisih umur 1 tahun adalah perbedaan yang ideal, dengan kemungkinan berpisah kurang dari 3%.

Tapi patut diingat, ini semua adalah hasil dari olahan data. Tiap pasangan memiliki berbagai faktor yang berbeda, yang dapat memengaruhi sebuah hubungan asmara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini