Sukses

Tak Disangka, 10 Hal Ini Terjadi Ketika Anda Bekerja dari Rumah

Ingin tahu 10 hal yang tak disangka terjadi ketika Anda bekerja dari rumah? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki karir impian yang dapat bekerja dari rumah merupakan impian semua orang. Anda tak perlu berdempetan di kereta api atau bus untuk sampai ke tempat kerja. Belum lagi Anda bisa mengenakan baju apa saja, bahkan piyama untuk bekerja. 

Namun ternyata, terdapat hal-hal mengejutkan ketika Anda bekerja dan memiliki kantor di rumah. Seperti dilansir dari Womansday.com, Jumat (2/9/2016), berikut 10 hal yang tak disangka terjadi ketika Anda bekerja di rumah.

1. Jadwal pekerjaan tidak teratur

Memang, bekerja di rumah memberikan lebih banyak waktu dari orang yang bekerja kantoran. Namun hasilnya, Anda sering membuat janji atau deadline yang tidak sesuai dengan perkembangan kerja. 

Lebih baik, buat rancangan pekerjaan sesuai waktu agar Anda dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu. Dan ketika ada hal baru yang datang, Anda bisa melihat jadwal pekerjaan Anda.

2. Bekerja sambil menjaga anak tidak bisa dilakukan tiap saat

Jika Anda berencana bekerja di rumah sembari merawat anak, Anda akan bekerja di waktu-waktu yang aneh. Anak kecil akan menyita waktu Anda saat terbangun, apalagi ketika berada di umur belum bisa diberi pengertian untuk tidak mengganggu Anda saat bekerja. Cari pekerjaan yang fleksibel dimana Anda dapat bekerja saat mereka tidur siang, atau saat pasangan Anda dapat mengawasi.

3. Kadang, rumah tidak menjadi kantor yang ideal

Akan ada masa dimana rumah Anda dipenuhi tamu, atau terlalu berantakan untuk dijadikan tempat yang nyaman bekerja. Karena itu, pastikan Anda mengenal warung kopi atau perpustakaan terdekat yang bisa menjadi tempat bekerja. Bawa perpanjangan kabel sendiri, jika tempat tersebut tidak menyediakan banyak colokan baterai.

4. Bisa mendapat biaya tak terduga

Bekerja di rumah memang mengurangi biaya transportasi, dan kebutuhan sehari-hari. Namun ketika Anda butuh mencetak pekerjaan, atau faks, Anda harus pergi ke tempat percetakan terdekat dan membutuhkan banyak biaya. Karena itu, perhitungkan dengan tepat biaya pekerjaan Anda. 

5. Anda akan merasa harus melakukan pekerjaan rumah

Cucian menumpuk, atau pakaian kotor yang belum dicuci akan mendorong Anda untuk membereskannya. Bahkan ketika Anda sudah berbagi tugas dengan pasangan, tidak nyaman rasanya melihat pekerjaan rumah yang terbengkalai. Namun harus diingat, jangan mudah beralih perhatian, pisahkan area bekerja dengan ruang keluarga agar pekerjaan bisa cepat selesai.

6. Kehilangan batasan antara pekerjaan dan waktu santai

Memiliki kantor rumah dapat membuat Anda kehilangan batasan antara waktu santai dan pekerjaan. Jika biasanya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan di kantor dalam waktu setengah jam, di rumah bisa menjadi berjam-jam karena sembari menatap ke TV. Lebih baik, tetapkan waktu bekerja dimana harus fokus, pisahkan ruang, dan buat peraturan.

7. Anda memiliki lebih banyak pekerjaan administratif

Jika di kantor Anda memiliki asisten atau resepsionis yang dapat mengerjakan hal-hal administratif, kini Anda harus mengerjakan semuanya sendiri. Hal ini yang kadang menyita banyak waktu, jadi usahakan Anda menyediakan peralatan kantor yang lengkap.

8. Merasa kesepian

Bekerja dari rumah membuat Anda kurang bersosialisasi dengan orang lain. Apalagi ketika Anda butuh orang untuk bertukar pikiran dan berdiskusi, ini menjadi hal yang sulit dilakukan. Namun, hal ini bisa ditanggulangi dengan membuat ruang diskusi via internet.

9. Ikut komunitas karir

Dalam bekerja di kantor, Anda pasti harus menyempatkan diri untuk ikut kegiatan makan-makan sehabis kerja. Kegiatan ini yang tidak bisa Anda lakukan ketika bekerja di rumah, padahal salah satu keuntungannya, Anda bisa memperbanyak koneksi.

Tapi, Anda bisa ikut komunitas dengan karir atau lapangan pekerjaan yang mirip lewat internet. Dengan begitu, Anda bisa memperluas jaringan pekerjaan.

20. Menjadi orang asing

Jika Anda bekerja sebagai freelance dari rumah, tetap update dengan informasi kantor menjadi sedikit susah. Anda tidak ikut berbagai rapat, makan siang, atau sekedar diskusi kelompok. Namun, hal ini bisa diatasi dengan ikut dalam chat room pegawai, atau Anda bisa menjadwalkan untuk datang ke kantor tiap beberapa minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini