Sukses

5 Langkah Sederhana Wujudkan Resolusi Hidup Anda

Berikut ini 5 langkah sederhana untuk Anda mewujudkan resolusi dan tujuan hidup.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin membuat resolusi pribadi dalam hidup, biasa dilakukan saat tahun baru saja, seperti berhenti merokok, menurunkan berat badan, berolahraga lebih banyak, berpikir positif. Namun, hal tersebut mudah saja hilang dengan cukup cepat dan mungkin sekitar enam hari kemudian.

Pertanyaan yang muncul pun mengapa begitu sulit untuk tetap berpegang pada tujuan Anda? Mungkin jawabannya karena sebuah perubahan sifat adalah hal yang sulit dan menakutkan.

Mungkin Anda berpikir bahwa untuk melakukan perubahan tidaklah mudah karena membutuhkan sebuah upaya yang besar. Namun, pada nyatanya sebuah perubahan bisa dimulai dari suatu hal yang kecil dan sederhana.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com pada Minggu (10/7/2016), berikut beberapa langkah-langkah sederhana untuk membantu Anda mencapai dosis harian Anda dari perubahan tetap berpegang pada tujuan.

1. Konsisten setidaknya 15 menit untuk setiap perubahan

Bahkan jika itu hanya jalan-jalan di lingkungan sekitar, mengurangi rokok, atau membaca sebuah artikel inspiratif, Anda bisa memulai perubahan dan konsisten terhadap hal tersebut paling tidak 15 menit dalam sehari. Ketimbang memulai sesuatu secara drastis tidak akan membuat Anda berpikir bahwa perubahan tersebut terjadi.

2. Menguak kebenaran

Salah satu elemen penting untuk membuat perubahan dalam kehidupan menjadi lebih baik adalah jujur pada diri sendiri. Gali motivasi yang sebelumnya Anda jalani dan cobalah untuk evaluasi. Salah satunya jika Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah ketahui motivasi kenapa selalu ada hasrat untuk makan cemilan. Jujur pada diri sendiri akan membuka penyebab utama perilaku tersebut dan berubahlah secara perlahan.

3. Tetapkan tujuan yang realistis

Seringkali dalam merancang sebuah resolusi, kita melupakan batas kemampuan diri sendiri. Sehingga yang terjadi, target dari resolusi tersebut tidak realistis dan sulit untuk dicapai. Biasakan mengukur diri menggunakan logika dan menyesuaikan dengan situasi serta kondisi yang tengah dialami.

4. Cobalah untuk melihat alternatif

Pada dasarnya, kehidupan adalah dinamis dan begitu pula dengan pilihan. Mungkin saat ke bioskop, Anda terbiasa untuk menyantap popcorn, tetapi bisa saja menggantinya dengan hal lain yang lebih sehat. Mau untuk melihat alternatif tak hanya menguntungkan proses perubahan dalam diri Anda, tetapi juga memperluas wawasan serta pikiran.

5. Cari dukungan

Sangat sedikit orang yang bisa berubah jika mereka tidak mencari dukungan dan motivasi. Dalam menjalani kehidupan pun, manusia membutuhkan dorongan dan dukungan. Mungkin, Anda bisa mendapatkan hal tersebut dari lingkungan sekitar, seperti teman, kerabat, sahabat, dan keluarga. Perubahan bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi hal tersebut bisa tercapai jika Anda memiliki keinginan dan mau membuat pilihan dalam sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini