Sukses

Fakta Baru, Alasan Pria Hindari Kondom Saat Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi baru-baru ini telah mengungkapkan bahwa semakin menarik seorang wanita, semakin kecil kemungkinan pasangannya untuk memakai kondom saat berhubungan seks.

Seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Jumat (1/7/2016), tak ada yang menyangka penampilan seorang wanita benar-benar dapat mempengaruhi keputusan pria untuk mengenakan kondom, fakta baru yang mungkin membuat banyak orang agak bingung. Tentu Anda sudah tahu semua alasan bagus untuk memakai pelindung, yaitu sebagai alat KB, pencegahan penyakit seksual menular dan untuk kesehatan. Daya tarik fisik seseorang seharusnya tidak menjadi salah satu penentu penting atau tidak pentingnya kondom dalam hubungan seks.

Survei ini dilakukan di beberapa universitas Southampton dan Bristol, Inggris,  dan berdasarkan 51 pria heteroseksual yang berusia antara 18 dan 69. Para peserta diberi gambar 20 wanita berbeda dan diminta untuk menilai daya tarik mereka pada skala 1 sampai 100. 

Para pria kemudian diminta untuk menjawab serangkaian pertanyaan tentang setiap wanita di dalam foto. Apakah mereka tertarik untuk berhubungan seks dengan para wanita tersebut, apakah mereka akan memakai kondom, dan apakah mereka berpikir para wanita tersebut ada kemungkinan memiliki penyakit seks menular.

Sebuah penelitian baru menemukan alasan di balik sikap pria yang menghindari kondom sangat berhubungan seks.

Hasilnya cukup mengejutkan. Para pria menyatakan bahwa mereka cenderung tidak ingin menggunakan kondom jika pasangan seks mereka akan wanita yang menarik. Resiko tertular penyakit seksual pun tidak membuat mereka takut dan tetap memilih opsi seks tanpa pelindung.

Tentu saja hasil dari penelitian ini tidak dapat diaplikasikan bagi semua pria dan perlu dicatat bahwa survei dilakukan pada komunitas yang kecil. Banyak yang mempertanyakan hasil dari survei yang cenderung tidak logis ini. Salah satu peneliti, Roger Ingham, memberikan 2 kemungkinan. Yang pertama adalah, pria cenderung memilih pasangan yang menarik untuk bereproduksi, sesuatu yang berkaitan dengan insting dasar seorang pria. Kemungkinan yang kedua berasal dari keyakinan kuno bahwa pria yang kuat dan sukses cenderung memiliki pasangan yang paling menarik, menjelaskan alasan di balik sikap pria yang lebih terbuka dan tidak takut mengambil resiko demi status. Bagaimanapun juga, alasan ini tidak bisa menghapus pentingnya kondom dalam berhubungan seks.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.