Sukses

Sensasi Pedas Tinorangsak yang Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Selain dipenuhi pemandangan alam yang memukau, Sulawesi Utara juga dikenal kaya akan berbagai kuliner khas, salah satunya adalah Tinorangsak. Menggunakan bahan dasar daging babi, Tinorangsak menjadi kuliner yang paling dicari wisatawan saat berkunjung ke tanah Minahasa.

Saat tim Liputan6.com berkunjung ke Manado, yang ditulis pada Jumat (4/9/2015), Yance pengunjung salah satu rumah makan yang ada di Tomohon menuturkan, “Ini rasanya sesuai dengan lidah orang Minahasa, pedas gurih. Rasanya ini memang pedas, bisa bikin orang merem-melek. Tiap Natal dan pesta-pesta, di rumah saya pasti masak ini.”

Tinorangsak, kuliner tradisional Minahasa.

Untuk membuat Tinorangsak tidak rumit, bahan-bahan yang digunakan antara lain daging babi, cabai, bawang mwerah, jahe, daun jeruk, sereh, jeruk nipis, minyak, dan garam. Jika Anda tidak terlalu suka daging babi, bahan dasar Tinorangsak bisa diganti ikan atau daging sapi.

Langkah pertama untuk membuat Tinorangsak adalah menghaluskan cabai, bawang, jahe, garam dan gula. Bersamaan dengan sereh dan daun jeruk, bahan yang sudah dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam minyak panas untuk ditumis.
Setelah tercium wangi dari bumbu, masukkan bahan dasar daging babi yang sudah dipotong dengan ukuran sesuai selera. Agar daging matang dengan sempurna dan bumbu meresap, tambahkan sedikit air. Sebelum disajikan, berikan sedikit jeruk nipis. (Ibo)