Sukses

Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama Diumumkan, Siap-Siap Simak Strategi Hadapi Tes BUMN

Guna memudahkan dan memperlancarkan ujian atau tes menjadi karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), masyarakat diharapkan melakukan banyak mengerjakan berbagai latihan.

Liputan6.com, Jakarta - Guna memudahkan dan memperlancarkan ujian atau tes menjadi karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), masyarakat diharapkan melakukan banyak mengerjakan berbagai latihan.

Hal itu seperti diungkap CEO Jadibumn Alif Hijriah. Dia menegaskan bahwa persiapan yang matang sangatlah krusial menjelang tes BUMN.

"Latihan yang terarah melalui platform yang tepat, terutama Aplikasi yang fokus pada pembelajaran secara online tes RBB BUMN 2024, harus dilakukan secara berulang-ulang," ujar Alif melalui keterangan tertulis, Kamis (25/4/2024).

"Dengan pendekatan ini, peluang untuk berhasil lolos tes BUMN akan terbuka lebar," sambung dia.

Menurut Alif, latihan terarah melalui platform tepat, terutama aplikasi yang fokus pada pembelajaran secara online Tes Rekrutmen Bersama BUMN, harus dilakukan berulang-ulang.

"Dengan pendekatan ini, maka peluang untuk lolos tes BUMN semakin terbuka lebar," kata dia.

Berikut sederet kiat jitu untuk bisa membantu lolos tes BUMN:

1. Melatih Kemampuan Dasar

Untuk menguji kemampuan dasar calon karyawan, tes BUMN seringkali mencakup beberapa jenis soal. Berikut adalah beberapa strategi untuk menghadapinya:

- Word Classification: Di dalam tes ini, Anda akan dihadapkan dengan 25 soal dalam waktu 18 menit. Tugas Anda adalah mengelompokkan jenis kata, seperti kata kerja, kata benda, dan kata sifat dengan cepat dan tepat.

- Number Sequence: Tes ini menilai kemampuan Anda dalam memecahkan deretan angka. Dalam 27 menit, Anda harus dapat menyelesaikan 25 soal dengan akurat dan cepat.

- Verbal Logic Reasoning: Tes ini menguji kemampuan analitis Anda dalam memahami bacaan. Dengan waktu hanya 8 menit, Anda harus dapat menyelesaikan 25 soal dengan baik.

- Diagram Reasoning: Kemampuan analisis visual Anda akan diuji dalam tes ini. Dalam waktu 20 menit, Anda harus mampu menjawab 25 soal dengan cermat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiat Selanjutnya

2. Mempersiapkan Akhlak yang Baik

Selain kemampuan teknis, BUMN juga mengedepankan nilai-nilai akhlak yang baik pada calon karyawan. Berikut adalah beberapa aspek akhlak yang perlu dipersiapkan:

- Amanah: Memegang teguh kepercayaan yang diberikan, memenuhi janji dan komitmen, serta bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan.

- Kompeten: Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, membantu orang lain belajar, dan menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

- Harmonis: Saling peduli dan menghargai perbedaan, suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

- Loyal: Setia dan berdedikasi terhadap perusahaan serta nilai-nilai yang diemban.

- Adaptif: Terus berinovasi dan antusias dalam menghadapi perubahan, cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik, dan bertindak proaktif.

- Kolaboratif: Membangun kerjasama yang sinergis, memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.