Sukses

5 Pertanyaan untuk Fresh Graduate Sebelum Menerima Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda lulusan baru di tahun 2015 ini? Anda baru memulai perjalanan karir Anda, dan berharap pekerjaan pertama adalah pilihan yang benar untuk karir Anda kedepannya? Menurut Direktur Eksekutif pengembangan pribadi dan karir di Wake Forest University, NC Brooks, jurusan yang diambil saat kuliah sebaiknya linier dengan pekerjaan, agar saat bekerja Anda dapat berkarir dengan baik.

"Hal seperti ini tidak heran lagi dialami oleh lulusan baru di negara berkembang. Karena tekanan datang untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga mereka sering tidak memikirkan ulang sebelum menerima pekerjaan," ujarnya.

Dilansir dari torontosun.com, Senin (8/6/2015), 5 pertanyaan sebelum menerima pekerjaan ini akan sangat membantu, apakah pilihan Anda tepat untuk karir yang baik kedepannya. Seperti yang dijelaskan Brooks, berikut 5 pertanyaan yang harus diajukan oleh fresh graduate sebelum menerima pekerjaan.

1. Berapa Banyak Penghasilan yang Didapat?

Mempertimbangkan untuk menerima atau tidak sebuah pekerjaan berdasarkan gaji dapat menjadi bentuk visi Anda ke depan. Namun Anda juga tetap harus menyesuaikan target yang Anda inginkan dengan skill yang dapat Anda berikan untuk perusahaan. Selain penghasilan, Anda juga harus mempertimbangkan fasilitas kesehatan dan kesejahteraan yang Anda dapatkan jika menerima pekerjaan tersebut.

2. Bagaimana Perasaan Saya Setelah Memilih Pekerjaan Ini?

Lulusan saat ini cenderung fokus mencari pekerjaan di perusahaan yang baik. Rasa bangga saat menjawab berbagai pertanyaan seperti 'kerja dimana?' menjadi alasannya. Saat membuat keputusan menerima atau tidak, Anda juga juga dapat mempertimbangkan perasaan Anda terhadap pilihan tersebut. Karena jika Anda tidak senang berada di perusahaan tersebut, Anda tidak akan dapat bekerja dengan baik. Hal ini tentunya akan berdampak pada perjalanan karir Anda.

3. Bagaimana dengan Skill Saya?

Pada saat fresh graduate siap untuk memasuki dunia kerja, Anda harus mengetahui skill yang Anda miliki. Dengan begitu Anda akan mudah untuk memilih, apakah Anda dapat menggunakan keterampilan Anda secara maksimal pada posisi ini. Setelah itu juga pertimbangkan, apakah posisi ini juga dapat mengembangkan keterampilan Anda ke depan.

4. Apakah Cara Kerja ini Sesuai dengan Passions Saya?

Sebelum Anda menerima suatu posisi, pertimbangkanlah apakah posisi ini dapat mendukung passions dan minat Anda. Jika Anda sudah bekerja sesuai dengan passions Anda, akan mudah untuk mengembangkan hubungan dengan internal perusahaan dan eksternal seperti klien dan partner kerja. Dengan begini, misi karir Anda kedepan pun akan sangat terbantu.

5. Apakah Posisi Ini Memungkinkan Saya Membuat Perubahan yang Berarti Bagi Perusahaan?

Jiwa muda tentunya memiliki semangat yang lebih untuk berbuat kepada perusahaan, sehingga pemikiran apakah Anda dapat membuat perubahan yang berarti bagi perusahaan menjadi faktor Anda menerima atau tidak sebuah posisi. Pikirkan kemungkinan-kemungkinan ini sebelum Anda menerima sebuah pekerjaan. Selamat bekerja. (Mit/Ibo)