Sukses

Unik! Gedung Ini Berdindingkan Uang Kertas

Sebuah gedung bertingkat di Kaunas, Lithuania memiliki disain yang unik, seluruh dinding luarnya dihiasi dengan uang kertas.

Liputan6.com, Kaunas - Sebuah gedung bertingkat di Kaunas, Lithuania memiliki disain yang unik. Gedung bertingkat sepuluh ini seluruh dinding luarnya dihiasi dengan uang kertas.

Untungnya, itu bukanlah uang kertas sungguhan. Dirancang oleh seorang arsitek bernama Rimas Adomaitis ini menggunakan 4.500 kaca yang permukaannya dicetak dengan gambar uang kertas lokal.

Cetakan ini menggunakan enamel dan pola khusus sehingga menghasilkan gambar yang menyolok mata persis seperti uang sungguhan.

Gedung ini dibuat dalam rangka memperingati peluncuran nominal baru mata uang Lithuania, yakni 1.000 Litas. Untuk itulah gedung ini akhirnya diberi nama Office Center 1000.

Dilansir melalui situs resminya, 1000lt.com, gedung yang berlokasi di Taikos Ave. 88A,ini bersebelahan dengan pusat perbelanjaan terkemuka di Kaunas, Urmas shopping centre.

Selain bentuk dan dindingnya yang unik, gedung ini juga dirancang ramah lingkungan; dengan pemanas dan pendingin ruangan hemat energi. Hingga saat ini, gedung ini masih dijadikan gedung perkantoran untuk perusahaan-perusahaan kelas menengah atas. Bahkan, gedung ini juga memiliki conference hall sendiri.

Meski diincar para pebisnis sebagai tempat berkantor, gedung ini juga menjaid incaran para turis untuk berpose di depannya. Di malam hari, sistem pencahayaan khusus dirancang untuk membuat tampilan gedung tetap terlihat indah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.