Sukses

Rumah Ramah Lingkungan yang Mampu Hasilkan Sumber Energi Sendiri

Sebuah perusahaan desain asal Norwegia menciptakan rumah dengan nol emisi dan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi.

Liputan6.com, Larvik Sebuah perusahaan desain bernama Snøhetta asal Norwegia menciptakan rumah dengan nol emisi dan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energinya, demikian seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (16/1/2015).

Sumber energi dari sinar matahari ini bahkan mampu menjadi sumber energi mobil listrik selama 1 tahun penuh.

Rumah yang diberi nama ZEB Multi-Comfort House ini dibangun di Larvik, Norwegia. Perlu waktu sekitar 10 bulan untuk membangunnya.

Menurut Kristian Edwards, arsitek utama ZEB, pengerjaan rumah ini sangat rumit, apalagi untuk memastikan ketepatan penggunaan energi matahari sebagai sumber energi.

Rumah ini cukup mencolok dalam hal desain. Bagaimana tidak, atap rumah ini miring 19 derajat untuk mengakomodasi panel photovoltaic dan panel panas matahari.

Atap dan ruangan-ruangan lainnya didesain sedemikian rupa sehingga pada siang hari sebagian besar bagian rumah ini akan terkena cahaya matahari.

Sampai saat ini, rumah tersebut belum ditempati oleh siapapun. Meskipun begitu, beberapa komentari dari orang yang pernah mengunjungi tempat ini menunjukkan respon yang positif.

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.