Sukses

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Tanaman Dalam Rumah

Sebelum mulai menghias rumah dengan tanaman hias, sebaiknya pelajari dan ketahui 6 hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Sebelum mulai menghias rumah dengan tanaman hias, sebaiknya pelajari dan ketahui 6 hal berikut ini untuk memaksimalkan fungsi keberadaannya di kediaman Anda.

•    Carilah dan pelajari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tanaman yang telah Anda pilih; mulai dari iklim, cahaya, peletakannya, hingga perawatannya (penyiraman, pemberian pupuk dan vitamin).

•    Periksa apakah Anda memiliki alergi terhadap tanaman yang akan Anda pasang sebagai 'pembersih udara' maupun hiasan dalam rumah

•    Tanaman juga perlu iklim yang lembut. Hindari meletakkan tanaman di area yang terlalu panas seperti dekat kompor, atau dekat jendela yang terkena terik matahari. Letakkan pot tanaman di pojok ruangan yang teduh.  

•    Tanaman hias dalam ruangan tidak harus disirami setiap hari. Lahan uap dari tanah dalam pot dapat mempengaruhi individu yang alergi. Sebagai vitamin alami, gunakan air bekas rebusan kentang, telur, atau sayur untuk menyiram tanaman. Jangan membuang air soda atau bekas minuman sirup dalam pot tanaman.

•    Seimbangkan antara jendela dengan besar/tingginya tanaman. Jangan menempatkan tanaman yang terlalu besar dalam ruangan yang terlalu sempit. Letakkan tanaman dekat ventilasi atau dalam gang dimana udara bersirkulasi. Bila udara cerah, bukalah jendela dan pintu untuk meangsang sirkulasi udara dan mengeluarkan zat polutan.

•    Untuk meningkatkan efektivitas dari tanaman, gunakan campuran pot tanah dengan arang aktif di dasarnya. Pindahkan daun-daun yang lebih rendah dari tanaman jika mereka menutupi tanah.
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.