Sukses

Berani Cicipi Kuliner Ayam Hitam yang Eksotis?

Liputan6.com, Beijing Anda pasti menyangka jika ayam Cemani adalah satu-satunya ayam yang identik dengan sebutan ayam hitam. Namun siapa yang menyangka, ternyata selain ayam Cemani, masih ada ayam lainnya yang terkenal dengan sebutan ayam hitam.

Seperti yang dilansir dari Odditycentral, Jumat (13/6/2014), ayam bernama Silkie adalah ayam yang berwarna hitam tanpa campur tangan bumbu atau hasil kimia apapun.

Berdasarkan studi genetik, ayam Silkie muncul akibat kondisi fibromelanosis, yaitu mengalami mutasi genetik yang tidak biasa, dimana pigmen yang berkembang hanya melanin yang bertanggung jawab terhadap warna hitam.

Ayam hitam ini dapat ditemukan di wilayah Asia, khususnya di negeri tirai bambu. Biasanya di Tiongkok, ayam ini dijadikan hidangan khas dalam perayaan tertentu.

Tak jarang juga, restoran di Tiongkok menjadikannya menu andalan yang memiliki khasiat khusus pada kesehatan. Di Indonesia, beberapa restoran di Batam dan Jakarta mengimpor langsung ayam berwarna hitam ini dari Tiongkok untuk dijadikan penganan spesial yang tentunya memiliki harga yang relatif mahal.

Ayam Silkie banyak dijual hingga ke negara Eropa dan Amerika. Di sana, ayam Silkie lebih banyak digunakan untuk peliharaan dan hiasan. Sementara di Tiongkok, ayam yang dikatakan memiliki rasa lebih manis daripada ayam pada umumnya dijadikan kuliner berkhasiat.

Tak hanya untuk kebugaran tubuh, ayam ini juga dipercaya memiliki khasiat yang sangat bagus untuk memulihkan kondisi ibu yang baru melahirkan. Orang Tionghoa pun percaya, mengonsumsi ayam ini dapat membuat energi yin dalam diri menjadi lebih positif.

Tidak hanya sampai di situ saja, ayam Silkie juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, autisme hingga memiliki kehebatan dalam menaikkan massa otot tubuh. Hal ini dikarenakan ayam silkie juga mengandung karnosin (peptida alami) yang sangat tinggi, yang berguna untuk menaikkan massa otot tubuh.

Di Tiongkok, ayam Silkie dimasak sebagai kaldu yang dicampur dengan ginseng, jamur shittake dan juga tiram serta beragam rempah-rempah lainnya. Ayam ini bisa hanya dimanfaatkan kaldunya, bisa juga dimanfaatkan sekaligus dengan dagingnya untuk memperoleh khasiat yang optimal. (Ars/Liz)

Loading