Sukses

Menengok Hasil Survei LKPI soal Tokoh Populer Berpotensi Jadi Bupati Puncak Papua

Penarikan sample ini mengunakan metode sampel acak berstrata (stratified random sampling) pada populasi daftar pemilih tetap di Kabupaten Puncak pada Pemilu 2024.

Liputan6.com, Papua - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei tentang bakal calon bupati Puncak Papua. Penelitian dilakukan dengan mengunakan observasi metadata dan survei kepada 880 masyarakat Kabupaten Puncak yang ada di 20 distrik.

Penarikan sample ini mengunakan metode sampel acak berstrata (stratified random sampling) pada populasi daftar pemilih tetap di Kabupaten Puncak pada Pemilu 2024. Hasil survei ini memiliki margin of error 3,3 dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Direktur LKPI Togu Lubis, berdasarkan hasil survei diketahui tingkat literasi masyarakat Kabupaten Puncak terhadap pilkada Kabupaten Puncak 2024 hanya 43,7 persen dan sebanyak 56,3 persen tidak tahu.

Dari survei juga ditemukan bahwa sebanyak 88,4 persen masyarakat Kabupaten Puncak berharap pilkada berjalan aman dan damai .sementara sebanyak 11,6 persen tidak memberikan pendapat.

Hasil lain menunjukkan sebanyak 86,8 persen masyarakat ingin bupati terpilih bisa mambangun lebih banyak jalan jalan penghubung di Kabupaten Puncak. Sebanyak 86,7 persen masyarakat berharap bupati terpilih bisa mengembang pembangunan pertanian dan penyediaan lumbung pangan di di Kabupaten Puncak dan sebanyak 89,7 persen masyarakat berharap bupati terpilih bisa meningkatkan fasilitas kasehatan dan pendidikan.

Sementara, hasil survei terkait tokoh bakal calon bupati Puncak memunculkan nama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Puncak, Papua Tengah Peniel Waker sebagai yang paling populer dengan tingkat popularitas 89,2 persen. Uurutan kedua Pelinus Belinal dengan tingkat popularitas 78,7 persen dan selanjutnya Menase Wandik 67,2 persen, Danius Tabuni 54,1 persen, dan Elvis Tabuni 52,6 persen.

Sementara itu, hasil survei terkait tingkat elektabilitas tokoh bakal calon bupati Kabupaten Puncak dengan mengunakan simulasi pertanyaan terbuka pada 880 responden nama Peniel Waker menjadi Calon Bupati Kabupaten Puncak Top Of Mind (paling diingat) masyarakat Kabupaten Puncak.

Menanggapi survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) soal unggulnya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Peniel Waker, pengamat politik dari Institute fot Digital Democracy (IDD), Bambang Arianto menilai bahwa Peniel Waker dianggap mampu memimpin Puncak.

"Ya bukti nyata Paniel Waker melalui kinerjanya sebagai kepala dinas sosial sudah terlihat bahwa telah melakukan tugasnya dengan baik dan memberikan perhatian kepada masyarakat Papua," kata Bambang kepada awak media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.