Sukses

Mahasiswa Makin Pandai Kelola Uang dengan Cara Ini

Salah satu tantangan tersebut adalah mengembangkan kemampuan pengelolaan keuangan secara bijak dan sejak dini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Generasi Z (gen Z), yang mendominasi lingkungan belajar di universitas saat ini, dihadapkan pada tantangan dalam mewujudkan kemandirian finansial (financial freedom). Salah satu tantangan tersebut adalah mengembangkan kemampuan pengelolaan keuangan secara bijak dan sejak dini.

“Pengelolaan keuangan yang baik perlu dilakukan sejak dini agar meminimalisir ketidakpastian dan ketidaktahuan dalam mempersiapkan masa depan,” ujar Head of Transaction Services PT Bank Jago Tbk Widiarto Proboprasetyo pada kuliah umum berjudul “Jago Investasi Sejak Muda, Emang Bisa?” yang berlangsung di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Kamis (6/6).

Menurut Widiarto, saat ini semakin banyak aplikasi keuangan digital yang memudahkan generasi muda untuk mengelola keuangan. Salah satunya menggunakan Aplikasi Jago dengan fitur Kantong (Pockets) di dalamnya.

Bank Jago sendiri merupakan bank berbasis teknologi (tech-based bank) yang tertanam di dalam ekosistem digital Indonesia. Bank Jago mengembangkan Aplikasi Jago (Jago App) yang dirancang untuk dapat tertanam di berbagai ekosistem digital, serta dapat disesuaikan (customized) dan dipersonalisasi (personalized) dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

Dalam mengelola kebutuhan-kebutuhan nasabah, Jago App menggunakan fitur Kantong (Pockets). Nasabah dapat memisahkan uang ke dalam pos-pos yang berbeda sesuai kebutuhan dan keinginan.

Nasabah dapat membuat hingga 60 kantong, yang memiliki nomor rekening yang berbeda untuk setiap kantongnya. Ini memudahkan pengguna untuk mengatur dana masuk dan keluar langsung dari kantong yang diinginkan.

“Fitur Kantong mempermudah kita dalam mengelola keuangan untuk masing-masing tujuan. Maka dana khusus untuk tujuan tertentu, misalnya tabungan untuk pengeluaran tiba-tiba, tabungan hasil side job, tabungan untuk beli kendaraan, tidak bercampur dengan tujuan lainnya. Maka tujuan keuangan lebih mudah tercapai,” tutur Widiarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini