Sukses

Berpartisipasi dalam FERBI 2023, Peruri Jelaskan Proses Pembuatan Uang Rupiah

Untuk memberikan pengalaman baru kepada pengunjung, Peruri menyampaikan proses pembuatan uang rupiah secara garis besar melalui teknologi Virtual Reality (VR)

Liputan6.com, Jakarta - Peruri berpartisipasi dalam Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 yang digelar 18 sampai 20 Agustus di Istorea Senayan GBK Jakarta. Dalam perhelatan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ini, Peruri menampilkan uang specimen (housenote) serta produk-produk security printing lainnya seperti buku paspor, pita cukai, meterai tempel, prangko, dan dokumen pertanahan.

Peruri menjelaskan proses pembuatan uang rupiah dan produk security printing secara langsung kepada pengunjung booth. Produk-produk security printing yang dihasilkan Peruri memiliki fitur-fitur keamanan tingkat tinggi sehingga dokumen vital milik negara tidak dapat diduplikasi oleh pihak mana pun dan tidak dapat dipalsukan.

Untuk memberikan pengalaman baru kepada pengunjung, Peruri menyampaikan proses pembuatan uang rupiah secara garis besar melalui teknologi Virtual Reality (VR) sehingga pengunjung bisa lebih merasakan atmosfer proses pencetakan uang rupiah seperti di kawasan produksi Peruri.

Seperti yang diketahui bahwa Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022 yang dicetak oleh Peruri ini mendapat penghargaan sebagai Best New Banknote Series dari International Association of Currency Affairs (IACA) yang diselenggarakan di Meksiko. Terdapat tiga aspek utama yang menjadi alasan Uang Rupiah TE 2022 mendapatkan penghargaan tersebut.

Pertama, adanya penguatan desain agar semakin mudah dikenali. Kedua, penguatan unsur pengaman agar semakin sulit dipalsukan dan yang ketiga adalah penguatan ketahanan bahan uang.

Menurut Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya, Peruri sebagai perusahaan penjamin keaslian berkomitmen memberikan hasil cetakan uang rupiah yang berkualitas dengan tingkat keamanan paling tinggi, untuk menjaga simbol kedaulatan negara dari upaya pemalsuan.

Penyelenggaraan FERBI 2023 secara umum bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta, bangga dan paham terhadap rupiah, di mana rupiah merupakan Jendela Indonesia dan pentingnya peran mata uang nasional dalam memperkokoh semangat nasionalis.

“Tujuan dari FERBI adalah untuk memaknai Rupiah sebagai simbol kedaulatan RI. Makanya kami lakukan setiap proklamasi kemerdekaan,” ujar Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia.

Uang Rupiah sebagai simbol kedaulatan yang sarat sejarah, menjadi representasi persatuan bangsa dari keberagaman. Bukan hanya desainnya yang mencerminkan keragaman Nusantara, esensi Uang Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI dapat mendorong rasa nasionalisme. Hal itu perlu dimaknai oleh masyarakat untuk menumbuhkan semangat kebangsaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini