Sukses

Ini Cerita Keiki Wilmanita Merintis Bisnis Maklon Produk Skincare 

Keiki Wilmanita mengawali usaha bisnis maklon produk skincare dari usaha kecil-kecilan dan akhirnya berhasil mendirikan pabrik sendiri. 

Liputan6.com, Magelang - Bisnis kosmetika dan  produk kecantikan merupakan salah satu potensi usaha yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan permintaan pasar terhadap skincare semakin tinggi. Hal itu juga tak terlepas dari maraknya konten produk kecantikan di media sosial.

Pebisnis wanita asal Magelang, Keiki Wilmanita, memanfaatkan situasi ini dengan baik. Ia kini menjalani sebuah bisnis maklon skincare bernama Superbella untuk memenuhi tingginya permintaan pasar tersebut. Omzet bisnisnya melesat dengan cepat seiring permintaan yang terus meningkat.

Maklon sendiri merupakan kegiatan manufaktur produk yang dilakukan sebuah perusahaan untuk memenuhi permintaan pihak lain. Istilah maklon berasal dari kata maakloon yaitu bahasa Belanda, yang memiliki arti “biaya produksi”. Kata maakloon tersebut kemudian diserap menjadi bahasa Indonesia dan menjadi maklon.

Kegiatan jasa maklon ini merupakan hal yang kerap dilakukan dalam bisnis seperti pakaian, kosmetika bahkan elektronik. Dengan menggunakan jasa maklon yang ditawarkan Superbella, maka brand atau perseorangan bisa membeli produk skincare yang diracik perusahaan dengan kualitas dan harga bersaing.

Siapa sangka, Keiki mengawali ini semua dari usaha kecil-kecilan. Ia  mengawali dari reseller online shop, kemudian membuka toko skincare di mal, hingga pada akhirnya mendirikan pabrik maklon sendiri. Dengan mengedepankan pelayanan dan kualitas produk, Superbella yang berpusat di Magelang tersebut makin dikenal sebagai pabrik maklon yang diperhitungkan. Baik dari kalangan brand, selebriti, hingga netizen di Tiktok.

“Kami mengedepakan keterbukaan terhadap customer, memberikan pelayanan yang ekstra seperti video call, Zoom Meeting hingga menerima kunjungan langsung ke kantor dan pabrik kami,” ujar Keiki, Jumat (7/7/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunikasi

Dengan pola komunikasi yang baik, lanjut dia, berhasil terwujud kepuasan antara Superbella dengan konsumen. “Tak sedikit selebgram, artis, pengusaha, pejabat publik hingga sipil yang mau mempercayakan bisnis skincare mereka kepada kami,” tambahnya.

Di samping pelayanan ekstra, Superbella juga memanfaatkan media sosial Tiktok dengan nama pengguna @keiki_will dan akun Instagram @superbella.1supplier. Melalui konten-konten video pendek kreatif Superbella makin ramai dikenal dan bisa memperluas pasar lebih besar. Tak jarang mereka juga mengunggah konten aktivitas di pabrik seperti senam bersama yang sering kali muncul di laman For You Page.

Sebagai pemilik Superbella, Keiki berharap bisnis maklon yang dijalaninya bisa terus berkembang sampai bisa membuka klinik kecantikan. Tak lupa, Superbella juga akan terus memantau tren serta perkembangan yang terjadi di dunia kosmetik agar bisa bertahan.

“Bisnis ini bisa bertahan karena kami selalu update dengan perubahan yang terjadi di pasaran, mengikuti perkembangan media sosial dan kebutuhan masyarakat. Apalagi saya pribadi juga menyukai bidang ini karena saya tertarik dengan skincare dan perawatan diri,” jelasnya.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.