Sukses

Jadi Perwira Transportasi, Maulana Muzacky Juga Sibuk Tekuni Dunia Influencer

Kendati berprofesi sebagai airman dan mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta, Maulana Muzacky juga menekuni profesi sebagai influencer di media sosial.

Liputan6.com, Magelang - Sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui. Itulah kata pepatah yang menggambarkan kiprah influencer asal Magelang, Jawa Tengah bernama Maulana Muzacky.

Inspirasi ditebarkan pria yang akrab disapa Zack ini  melalui karya dan prestasi yang dicapainya di berbagai bidang. Prestasi menjadi bagian dari perjalanan hidup Zack. Berkat prestasinya, ia pun mengembangkan diri dengan menekuni profesi sebagai influencer atau konten kreator.   

Namun Zack ternyata tidak menjadikan profesi influencer sebagai pekerjaan utama. Melainkan hanya kegiatan sampingan di sela kesibukan sebagai airman dan mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta.

Saat masih menjadi taruna, Zack bersama S.j.tsurayya dipercaya oleh Politeknik Penerbangan Surabaya untuk menulis lagu “Indah Dikenang Tak Indah Diulang”.  Lagu ini  menjadi Ost. Official Webseries Kementerian Perhubungan yang Zack tulis naskahnya, sekaligus perankan. Karya digital tersebut melambungkan namanya di media sosial serta menjadi pijakan awal sebagai seorang influencer.

Dengan jumlah pengikut Instagram yang mencapai lebih dari 144.000, dunia media sosial menjadi panggung bagi Zack. Postingan di akun instagram @zackzackky, membuatnya sering diundang di berbagai acara.  Ia menjadi pembicara di berbagai platform seperti inspirasi pemuda di Radio RRI Surabaya, PT. Mandala Digital Indonesia, Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, dan TVKU Semarang.

Ia juga menjadi salah satu narasumber di webinar nasional Komunitas Peduli Pendidikan bersama Adhimakayasa Akademi Angkatan Laut 2020 Letda Rizqy Zealand Djuhaeri, Ketua Forum Mahasiswa Taruna Kedinasan Indonesia Fajar Putra Prastinar hingga staf Ajudan Presiden RI AKP Syarif M. Fitriansyah.

Tak hanya aktif menjadi seorang pembicara, Zack juga aktif di bidang sosial dan lingkungan. Ia menjadi anggota Mostman International Indonesia dalam kampanye guna menekan angka Single-use plastic products (SUPs) yang dapat mencemari lingkungan sekitar.

Menurut Zack, banyak manfaat dengan menekuni dunia influencer. Sejak rutin membuat konten sejak 2014, pria yang pernah menjadi Grand Winner Indonesian Stars Search 2021 ini sudah mulai memetik hasil kerja kerasnya. Dia mendapatkan tawaran kerja sama dari beberapa brand ternama.

“Saya sudah bekerja sama dengan beberapa brand hotel, haircare, facecare, skincare, dan sport fashion. Saya juga pernah disponsori untuk traveling sampai ditawari hotel mewah untuk bisa staycation,” paparnya.

Diakui Zack, potensi penghasilan menjadi seorang influencer masih sangat besar.  Namun, ia belum berpikir  menjadikan profesi ini sebagai bisnis utama. “Sejujurnya, kalau ditekuni lebih dalam sangat berpotensi. Namun saya lebih menjadikan ini sebagai hobi saja. Karena sumber penghasilannya masih dari pekerjaan tetap,” terangnya.

Ke depan, Zack berharap bisa lebih banyak membuat konten bermanfaat bagi siapa pun yang melihat Instagramnya. “Saya merasa bangga ketika bisa mengubah hidup orang menjadi lebih baik berkat postingan saya yang menginspirasi hidupnya,” paparnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.