Sukses

MIND ID dan PT Timah Kenalkan Program Bank Sampah di Indogreen Expo 2023

MIND ID bersama PT Timah Tbk hadir di Indogreen Expo 2023 untuk memperkenalkan program Bank Sampah.

Liputan6.com, Yogyakarta - MIND ID bersama PT Timah Tbk hadir di Indogreen Expo 2023 untuk memperkenalkan program Bank Sampah. Acara yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini berlangsung pada tanggal 2 hingga 5 Maret 2023 di Jogja Expo Center (JEC) dan menjadi sarana Grup MIND ID memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar wilayah Yogyakarta.

Grup MIND ID bersama dengan anggotanya, PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk, turut hadir dalam perhelatan tahunan dengan tema "Sukseskan Indonesia's Forest and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 Melalui Sinergi Sektor Kehutanan dan Sektor Industri."

MIND ID sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan di Indonesia mendorong anggotanya untuk terus melaksanakan praktik pertambangan yang mengutamakan keberlanjutan dan menerapkan praktik Circular Economy di setiap rantai bisnisnya, baik dari sisi operasional hingga pemberdayaan masyarakat.

Hendi Prio Santoso selaku Direktur Utama MIND ID mendorong seluruh Anggota Grup MIND ID untuk bisa mengedepankan circular economy agar kesinambungan bisnis menjadi lebih terjaga. Grup MIND ID mengajak dan melibatkan masyarakat sekitar untuk mendukung seluruh rantai bisnis Perusahaan.

“MIND ID menjalankan bisnis serta operasional perusahaan dengan memastikan keberlanjutan serta menerapkan Praktik Pertambangan Terbaik dan mendorong circular economy di setiap rantai bisnisnya, sehingga kesinambungan bisnis menjadi lebih terjaga. Kami turut mengajak dan melibatkan masyarakat sekitar untuk mendukung rantai bisnis dan value chain Perusahaan,” ujar Hendi, Jumat (3/3).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bank Sampah

PT Timah Tbk, salah satu anggota Grup MIND ID, memiliki program Bank Sampah di Desa Air Limau yang berada di wilayah operasinya. Bank Sampah merupakan program edukasi masyarakat bahwa sampah sebenarnya memiliki nilai ekonomi, namun jika tidak ditangani dengan baik akan menjadi masalah. Desa Air Limau kini mejadi salah satu destinasi wisata sekaligus desa percontohan, selain karena kreativitas dalam pengelolaan sampahnya, juga terbukti mampu meningkatkan perekonomian daerah dari barang yang terbuang.

Kepala Desa Air Limau, Mexsi Diansah mengatakan bahwa antusiasme warga bergabung dalam program Bank Sampah mencapai lebih dari 100 orang. Desa Air Limau kini menjadi bukti bahwa pedesaan bisa naik kelas. Selain menjadi desa percontohan dalam pengelolaan sampah, Desa Air Limau juga menjadi desa wisata. Konsep Bank Sampah ini tidak hanya membuat desa menjadi lestari, tetapi juga mampu meningkatkan perekonomian daerah.

PT Timah Tbk memperkenalkan hasil kerajinan tangan dari Bank Sampah Desa Air Limau dan Minyak Tams Care yang terbuat dari Citronela Oil dalam acara Indogreen Expo 2023. PT Timah Agro Manunggal, anak usaha PT Timah Tbk, memproduksi Minyak Tams Care sebagai bentuk produk minyak atsiri yang dikembangkan PT Timah Tbk. Minyak atsiri selain dikenal dengan khasiatnya juga diminati hingga ke luar negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.